Optimalisasi Kinerja E-Commerce di Era Industri 4.0 menuju Society 5.0

Authors

  • Syakila Eka Putrisari Sabarwo Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Lufi Rahayu Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Neng Ratu Yulia Ningrum Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Pristyana Nur Alif Risqi Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Alfira Sasabilla Hadi Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia

Abstract

Penerapan konsep Society 5.0 dalam E-commerce di Indonesia merupakan inovasi strategis dalam menyambut Revolusi Industri 5.0. Penelitian ini membahas bagaimana Indonesia akan beradaptasi dengan Industri 5.0 dan kaitannya dengan E-commerce di Indonesia. Pengaruh teknologi digital dapat meningkatkan kinerja e-commerce dan layanan pelanggan serta memperkuat daya saing perusahaan dalam konteks Ekonomi 5.0. Teknologi 5.0 merupakan kelanjutan dari teknologi industri 4.0, kemudian terjadi keselarasan teknologi antara e-commerce dengan era industri 4.0 dan Society 5.0. (Decky H, 2019). E-commerce, sebagai bagian dari e-business, mengoptimalkan teknologi informasi dan komunikasi untuk memfasilitasi transaksi online dan memperluas jangkauan pasar. Layanan pelanggan yang efektif di era ini menjadi kunci untuk membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan, meningkatkan loyalitas, dan mempercepat pertumbuhan bisnis. Data diperoleh dari jurnal dan website yang relevan. Penelitian ini menggunakan pendekatan literatur di mana kesimpulan peneliti didasarkan dari penelitian sebelumnya. Hasil penelitian diharapkan memberikan panduan praktis bagi pelaku bisnis untuk mengoptimalkan potensi mereka dalam menghadapi tantangan dan peluang di era Ekonomi 5.0, serta mengidentifikasi faktor-faktor kunci yang mempengaruhi keberhasilan implementasi e-commerce dan layanan pelanggan yang efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-07-29