https://proceedings.ums.ac.id/ebfelepma/issue/feed Economics Business Finance and Entrepreneurship 2024-07-29T15:06:31+07:00 Aflit Nuryulia Praswati [email protected] Open Journal Systems <p>Proceeding Title: <strong>Economics Business Finance and Entrepreneurship</strong><br />Organizer: Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Surakarta<br />ISSN (Online): <a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/20230824171130940" target="_blank" rel="noopener">3025-2555</a></p> <p><a href="https://ebfelepma.ums.ac.id/" target="_blank" rel="noopener"><strong>Economics Business Finance and Entrepreneurship</strong></a> merupakan forum seminar nasional yang memberikan kesempatan untuk diseminasi, diskusi, dan mendapatkan follow up atas luaran penelitian maupun pengabdian kepada masyarakat.</p> https://proceedings.ums.ac.id/ebfelepma/article/view/4248 Strategi ABCD (Asset based Community Development) dalam Implementasi Teknologi Digital untuk Menyongsong Sustainability Competitive UMKM Kue Adrem di Desa Multigading Bantul 2024-07-29T14:54:57+07:00 Bayu Aji [email protected] Zul Hamdi Batubara [email protected] Lathifah Apriana Putri [email protected] K Komisah [email protected] <p>Penggunaan teknologi informasi digital dalam bisnis UMKM kue Adrem di Desa Multigading, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul, telah menjadi penting dalam meningkatkan daya saing dan kelestarian bisnis. penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi implementasi teknologi informasi digital sebagai strategi bisnis yang berkelanjutan untuk meningkatkan daya saing UMKM kue Adrem. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan ABCD (Asset Based Community development) pada studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan metode analisis tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi teknologi informasi digital dapat meningkatkan efisiensi operasional, meningkatkan kualitas produk, dan meningkatkan kesadaran pelanggan. Selain itu, implementasi teknologi informasi digital juga dapat meningkatkan kemampuan UMKM kue Adrem dalam menghadapi perubahan lingkungan bisnis dan meningkatkan kemampuan dalam mengembangkan strategi bisnis yang berkelanjutan melalui platform e-commerce, sistem Informasi Manajemen (SIM), Media Sosial, dan praktik bisnis berkelanjutan. Dengan demikian, penelitian ini menyarankan bahwa implementasi teknologi informasi digital dapat menjadi strategi bisnis yang efektif dalam meningkatkan daya saing dan keberlanjutan UMKM kue Adrem.</p> 2024-07-29T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 https://proceedings.ums.ac.id/ebfelepma/article/view/4249 Pengaruh Kualitas Informasi Online terhadap Niat Membeli pada Coffee Shop dengan Digital Marketing dan Kepercayaan Konsumen sebagai Variabel Mediasi 2024-07-29T14:57:46+07:00 Ghina Aulia Rahma [email protected] Falasifatul Falah [email protected] Maharani Avrilia Naila Putri [email protected] <p>Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana dampak kualitas informasi online kepada minat membeli dengan digital marketing dan kepercayaan konsumen sebagai variabel mediasi. Penelitian ini memanfaatkan metode analisis data dengan PLS-SEM SmartPLS 3. Data yang dikumpulkan berasal dari sumber primer dengan cara menyebarkan kuesioner yang terstruktur dengan penilaian skala likert. Sampel penelitian ini berjumlah 158 responden dengan kriteria yaitu seluruh konsumen, pelanggan atau masyarakat umum yang memiliki minat datang ke Coffee Shop dan minimal umur 15 sampai 30 tahun. Hasil temuan dalam penelitian ini bahwa kualitas informasi online berpengaruh signifikan terhadap niat membeli yang dimediasi oleh digital marketing dan kepercayaan. Keterbatasan penelitian ini adalah peneliti hanya memusatkan perhatian pada kualitas informasi online, digital marketing, dan kepercayaan konsumen terhadap niat membeli pada coffee shop. Namun, pada variabel niat membeli pada coffee shop terdapat faktor lain yang sangat berpengaruh seperti promosi, loyalitas pelanggan, dan harga.</p> 2024-07-29T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 https://proceedings.ums.ac.id/ebfelepma/article/view/4250 Analisis Pengaruh E-Commerce terhadap Kepuasan Konsumen melalui Tren di Masyarakat 2024-07-29T14:59:48+07:00 Melia Putri [email protected] Hanifah Rizqi Azzahra [email protected] Apriliana Ervynasari [email protected] Natashafira Ramadhani [email protected] Al Hasan [email protected] <p>Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi bagaimana tren yang sedang berlangsung di masyarakat dapat mempengaruhi kepuasan konsumen dalam pembelian di e-commerce. Metode yang digunakan yaitu survei cross-sectional dengan pendekatan kuantitatif dimana data dikumpulkan melalui kuesioner online yang menggunakan skala likert 5 poin dan diisi oleh 100 mahasiswa aktif Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta yang memakai platform belanja online. Hasil analisis menyatakan terdapat hubungan yang signifikan antara penggunaan e-commerce dan kepuasan konsumen, dengan tren suatu produk atau layanan yang saat ini populer berperan sebagai mediator yang signifikan. Secara tidak langsung, penggunaan e-commerce mempengaruhi kepuasan konsumen dengan besaran pengaruh 0.114. Artinya, semakin meningkatnya penggunaan aplikasi e-commerce dalam mencari barang yang sedang tren, kepuasan konsumen juga meningkat. Penelitian ini memberikan panduan bagi produsen untuk meningkatkan kualitas produk yang di jual di e-commerce ketika tren sedang berlangsung untuk meningkatkan kepuasan pelanggan.</p> 2024-07-29T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 https://proceedings.ums.ac.id/ebfelepma/article/view/4251 Peran Ekonomi Syariah dalam Mendukung Terwujudnya Sustainable Development Goals (SDGs) di Indonesia 2024-07-29T15:02:51+07:00 Dandi Setyo Yudanto [email protected] Wahyu Tri Handayani [email protected] Ismi Julia Puro [email protected] Mauliddina Widiyaningrum [email protected] VinkaWendi Hestinasari [email protected] <p>Ekonomi syariah merupakan sistem ekonomi yang didasarkan pada prinsip-prinsip syariah atau hukum Islam. Tujuannya adalah untuk mencapai kesejahteraan masyarakat dengan cara yang adil dan beretika, sesuai dengan ajaran Islam. Ekonomi syariah memiliki peran utama dan strategis dalam mendukung pencapaian SDGs di Indonesia. Dengan pengembangan dan implementasi yang tepat, ekonomi syariah dapat berkontribusi secara signifikan dalam menciptakan masa depan yang lebih adil, berkelanjutan, dan sejahtera bagi seluruh rakyat Indonesia. Kajian ini bertujuan untuk menganalisis peran ekonomi syariah dalam mendukung SDGs di Indonesia Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan literatur. Data dikumpulkan melalui serangkaian kegiatan yang berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka, membaca dan mencatat, serta mengolah bahan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekonomi syariah memiliki peran utama dalam mendukung pencapaian SDGs di Indonesia.</p> 2024-07-29T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 https://proceedings.ums.ac.id/ebfelepma/article/view/4252 Optimalisasi Kinerja E-Commerce di Era Industri 4.0 menuju Society 5.0 2024-07-29T15:06:31+07:00 Syakila Eka Putrisari Sabarwo [email protected] Lufi Rahayu [email protected] Neng Ratu Yulia Ningrum [email protected] Pristyana Nur Alif Risqi [email protected] Alfira Sasabilla Hadi [email protected] <p>Penerapan konsep Society 5.0 dalam E-commerce di Indonesia merupakan inovasi strategis dalam menyambut Revolusi Industri 5.0. Penelitian ini membahas bagaimana Indonesia akan beradaptasi dengan Industri 5.0 dan kaitannya dengan E-commerce di Indonesia. Pengaruh teknologi digital dapat meningkatkan kinerja e-commerce dan layanan pelanggan serta memperkuat daya saing perusahaan dalam konteks Ekonomi 5.0. Teknologi 5.0 merupakan kelanjutan dari teknologi industri 4.0, kemudian terjadi keselarasan teknologi antara e-commerce dengan era industri 4.0 dan Society 5.0. (Decky H, 2019). E-commerce, sebagai bagian dari e-business, mengoptimalkan teknologi informasi dan komunikasi untuk memfasilitasi transaksi online dan memperluas jangkauan pasar. Layanan pelanggan yang efektif di era ini menjadi kunci untuk membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan, meningkatkan loyalitas, dan mempercepat pertumbuhan bisnis. Data diperoleh dari jurnal dan website yang relevan. Penelitian ini menggunakan pendekatan literatur di mana kesimpulan peneliti didasarkan dari penelitian sebelumnya. Hasil penelitian diharapkan memberikan panduan praktis bagi pelaku bisnis untuk mengoptimalkan potensi mereka dalam menghadapi tantangan dan peluang di era Ekonomi 5.0, serta mengidentifikasi faktor-faktor kunci yang mempengaruhi keberhasilan implementasi e-commerce dan layanan pelanggan yang efektif.</p> 2024-07-29T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024