Model Pengembangan Pelatihan Kewirausahaan Berbasiskan Karakteristik Mahasiswa Melalui Projek Based Learning pada Mahasiswa Universitas Duta Bangsa Surakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan model pengembangan pelatihan kewirausahaan melalui pendekatan Project Based Learning berbasis masalah bisnis yang kontektual, mengaplikasikan usaha yang direncanakan secara nyata Model ini diharapkan menjadi wujud community based education (menumbuhkan partisipasi aktif mahasiswa dalam pendidikan dan pelatihan) yang mampu membentuk wirausahawan baru untuk memperoleh keuntungan , menciptakan lapangan kerja mengurangi pengangguran dan angka kemiskinan di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan strategi penelitian observasi simulasi. Adapun observasi dilakukan terhadap kelompok usaha , dimana tiap kelompok terdiri dari 4-5 orang mahasiswa Universitas Duta Bangsa di semester ganjil tahun akademik 2019/2020 yang mengambil mata kuliah kewirausahaan . Hasil penelitian didapatkan pemetaan kewirausahaan mahasiswa dan mendapatkan model pengembangan pelatihan kewirausahaan . Dari hasil pemetaan kewirausahaan mahasiswa dapat merencanakan usaha sesuai minat dan keahlian yang di miliki dan melalui model pengembangan pelatihan mahasiswa diharapkan dapat menyelesaikan permasalahan dalam rencana usaha terkait leadership, keberanian dalam mengambil resiko , ketekunan untuk fokus dalam melakukan pekerjaan , tingkat kedisiplinan sehingga mahasiswa dapat berhasil membangun usaha bisnis baru.