Pemanfaatan Teknologi Virtual Reality dan Musik Sebagai Media untuk Mengurangi Stres Pada Guru di SLBN Purbalingga

Authors

  • Hasyim Asyari Universitas Jenderal Soedirman
    Indonesia
  • Abdul Charis Albari Universitas Jenderal Soedirman
    Indonesia
  • Niko Siameva Uletika Universitas Jenderal Soedirman
    Indonesia

Abstract

Stres merupakan masalah umum dalam kehidupan manusia. Beberapa media yang dapat digunakan untuk mengurangi stres adalah Virtual reality (VR) dan musik. VR dapat membuat seseorang berada dalam keadaan mindfulness sementara musik memiliki manfaat untuk menenangkan jiwa. Salah satu pekerjaan yang memiliki tingkat stres adalah guru, terlebih lagi pada guru Sekolah Luar Biasa karena tidak hanya mengajar tetapi juga harus mampu menjadi paramedis dan terapis oleh karena itu guru dipilih sebagai responden pada penelitian ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan musik dan VR untuk mengurangi stres kerja pada guru di SLBN Purbalingga. Heart rate variability (HRV) digunakan sebagai parameter dalam penelitian ini. HRV adalah salah satu alat yang dapat digunakan untuk mengukur stres.Untuk menganalisa HRV digunakan metode Time domain dan Frequency domain. Hasil penelitian ini menunjukan musik dan VR menjadi solusi untuk mengurangi tingkat stres secara signifikan dengan indikator SDNN (SDNN musik: 40.35 ms, SDNN VR: 40.35 ms, rMSSD musik: 30.14 ms, rMSSD VR: 40.35 ms, pNN50 musik: 11.81%, pNN50 VR: 12.13%) dan frequency domain (HF musik: 398.91 ms2, HF VR: 513.91 ms2, nHF musik: 49.25 n.u, nHF VR: 52.29 n.u) setiap variabel VR menunjukan penurunan stres yang lebih besar daripada saat mendengarkan musik.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-05-02