Penerapan Analytical Hierarchy Process dalam Pemilihan Merek Mesin Obras pada Konveksi ABC
Abstract
Konveksi ABC merupakan home industry yang menerima jasa untuk produksi pakaian berupa baju, jaket maupun sablon. Produksi dalam jumlah massal dalam industri konveksi menjadikan alasan bagi pemilik usaha untuk menambahkan jumlah mesin agar mampu memenuhi jumlah pesanan yang meningkat. Mesin yang ingin ditambahkan ialah mesin obras. Namun, banyaknya merek mesin obras dengan kualitas dan spesifikasi berbeda menyebabkan pemilik usaha kesulitan dalam memilih mesin. Pemilihan mesin dilakukan dengan menggunakan salah metode Decision Support System (DSS) yaitu Analytical Hierarchy Process dengan menggunakan software Super Decision. Perbandingan berpasangan dilakukan dengan mempertimbangkan lima kriteria antara lain Popularitas, Harga Produk, Spesifikasi, Desain, dan Kualitas. Adapun alternatif yang dipertimbangkan antara lain A, B, dan C. Hasil analisis permasalahan menunjukkan bahwa nilai ideals dari A sebesar 1, B sebesar 0,517, dan yang terakhir adalah C dengan nilai sebesar 0,223. Sehingga alternatif yang dipilih yaitu mesin obras merek A dengan nilai ideal paling tinggi yaitu sebesar 1.