Determinasi Strategi Markdown Berbasis Clustering-Data Mining (Studi Kasus pada Usaha Salon di Yogyakarta)
Abstract
Perawatan tubuh merupakan salah satu kebutuhan bagi sebagian masyarakat saat ini yang bertujuan untuk menjaga kesehatan serta penampilan. Salah satu caranya adalah dengan melakukan peawatan pada salon. Di tengah persaingan harga pada gerai salon yang kompetitif di Yogyakarta, maka dilakukan penelitian untuk menentukan strategi promosi markdown berbasis clustering pada Qorinah Day Spa & Salon. Kriteria yang digunakan dalam pengelompokkan meliputi usia, intensitas kunjungan, jenis pelayanan, dan waktu/durasi pelayanan per kedatangan. Hasil penelitian yang diolah menggunakan perangkat lunak SPSS menujukkan pengelompokkan pelanggan Qorinah Day Spa & Salon dibagi menjadi tiga cluster, cluster-1 termasuk kelompok konsumen dengan target promosi yang paling potensial sehingga diberikan strategi promosi berupa pemberian kartu member gold dan memperoleh diskon 15% setiap transaksi. Cluster-2 termasuk kelompok konsumen dengan target promosi yang kurang potensial sehingga diberikan pemberian kartu member bronze dan memperoleh diskon 5% setiap transaksi. Cluster-3 termasuk kelompok konsumen dengan target promosi yang cukup potensial sehingga diberikan pemberian kartu member silver dengan diskon 10% setiap transaksi.