“Sabyan” Inovasi Sabun Batang Praktis Transparan Berbahan Dasar Alami Khas Indonesia
Abstract
Peran masyarakat dalam peningkatan industri kreatif di Indonesia sangatlah berdampak pada negara. Industri kreatif dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan menjunjung tinggi nilai kreatifitas didalamnya. Sabun adalah salah satu produk kebersihan yang mempunyai target pasar yang luas dan juga mudah dikreasikan dengan seni dan inovasi dari bahan dasar yang digunakan. Terlebih lagi sabun batang, sabun batang memiliki tren meningkat sejak tahun 2018 (Breyer, 2019). Dengan memanfaatkan momentum meningkatnya permintaan pasar akan sabun batangan dapat menjadi peluang didalam industri kreatif yang sedang berkembang pesat. Penelitian sabun SABYAN ditujukan untuk menjawab tingginyapermintaan sabun batangan, tantangan pasar, dan berperan dalam perkembangan sektor industri kreatif. Metode yang digunakan untuk membuat produk SABYAN adalah dengan menerapkan Quality Function Deployment (QFD) untuk mendefinisikan kebutuhan atribut sabun konsumen dan menerjemahkan menjadi perencanaan spesifik yang diolah dengan House Of Quality (HOQ). Hasil yang ditemukan dari penelitian ini adalah konsumen membutuhkan sabun yang berbahan dasar alami, menggunakan aroma khas Indonesia, nyaman digenggam dan diletakan, ekonomis dan mempunyai estetika penampilan yang tinggi.