Pengaruh Media Sosial pada Niat Beli: Peran Mediasi Ekuitas Merek (Uniqlo)

Authors

  • Marsha Diva Saputri Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Kholifah Putrikurnia Azhari Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Aflit Nuryulia Praswati Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia

Abstract

Di era globalisasi, produk fashion menjadi salah satu produk yang populer. Sekarang banyak toko- toko ritel baik lokal maupun asing yang mulai bermunculan dan masuk ke indonesia. Salah satu ritel besar yang sudah masuk ke Indonesia adalah Uniqlo, yang merupakan perusahaan asal Jepang yang membuka toko eceran pakaian kasual. Manfaat dari riset ini adalah guna mengkaji dampak Media Sosial (Interaksi Sosial, Berbagi Informasi, Hiburan) pada Niat Beli yang dimediasi oleh Ekuitas Merek. Teknik riset yang dipakai yaitu metode kuantitatif, pengumpulan informasi dengan kuesioner dan sampel dalam riset ini adalah 100 orang. Analisis penelitian ini didukung oleh SmartPLS 4.0. Hasilnya Interaksi Sosial signifikan dan berpengaruh positif pada ekuitas merek. Kedua, Berbagi informasi signifikan dan berpengaruh positif pada ekuitas merek. Ketiga, Hiburan signifikan dan berpengaruh positif pada ekuitas merek. Keempat, Ekuitas merek signifikan dan berdampak positif pada niat beli. Terakhir, Media sosial signifikan dan berdampak positif pada niat beli yang dimediasi oleh ekuitas merek. Penelitian ini berfokus tentang produk Uniqlo di media sosial Instagram.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-08-08