Analisis Pengaruh Kepercayaan Pelanggan terhadap Loyalitas pada Objek Wisata Instagramable (Studi Kasus Mahasiswa FEB UMS)

Authors

  • Natashafira Ramadhani Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Naufal Jabsy Feriz Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Veronika Dita Pratiwi Putri Oktaviari Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Ghina Aulia Rahma Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Diska Cahyaning Tiyas Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Instagramable dan kepercayaan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan pada suatu destinasi wisata. Metode penelitian pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan teknik PLS-SEM Smart PLS 4. Signifikansi PLS-SEM diambil pada nilai kriteria p < 0,10. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dengan menyebarkan kuesioner terstruktur menggunakan sistem 5-Pont Likert Scale. Mahasiswa FEB UMS yang berkunjung ke objek wisata instagramable merupakan sampel dari penelitian ini. Keterbatasan penelitian ini adalah peneliti hanya fokus pada hubungan antara kepercayaan pelanggan dan loyalitas pelanggan. Namun, terdapat faktor lain yang dapat mempengaruhi loyalitas pelanggan pada objek wisata Instagramable, seperti kualitas pelayanan, harga, atau promosi. Oleh karena itu, tidak mempertimbangkan faktor-faktor tersebut dalam penelitian dapat menjadi keterbatasan dalam memahami faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas pelanggan secara keseluruhan. Pada hasil uji hipotesis mediasi yang dinyatakan tidak berpengaruh signifikan, instagramable tidak memediasi antara kepercayaan pelanggan dan loyalitas pelanggan. Sehingga terdapat faktor lain yang dapat memediasi antara kepercayaan pelanggan dan loyalitas pelanggan. Saran untuk para peneliti yaitu memperluas variabel penelitian. Selain kepercayaan pelanggan, ada faktorfaktor lain yang dapat mempengaruhi loyalitas pelanggan pada objek wisata Instagramable. Penelitian selanjutnya dapat mempertimbangkan variabel seperti kualitas pelayanan, harga, promosi, atau faktor psikologis lainnya.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-08-08