Pengaruh Kualitas Layanan, Kepuasan Pelanggan, dan Nilai Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan pada Dealer Motor yang Dimediasi oleh Kualitas CRM

Authors

  • Tian Alkhana Syaifudin Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Ayu Nanda Amalia Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk membuktikan bahwa kualitas layanan, kepuasan pelanggan dan nilai pelanggan mempengaruhi loyalitas pelanggan. sampel yang telah diambil yaitu 98 responden dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. hasil dari penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis inner model dan outer model dengan bantuan dari SmartPLS 4.0. Hasil menunjukkan bahwa pertama, kualitas layanan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Kedua, kepuasan pelanggan memiliki pengaruh negative dan tidak signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Ketiga, Nilai pelanggan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Terakhir, kualitas layanan, kepuasan pelanggan, dan nilai pelanggan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada dealer motor yang dimediasi oleh kualitas CRM.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-08-08