Analisis Pengaruh E-Commerce terhadap Kepuasan Konsumen melalui Tren di Masyarakat

Authors

  • Melia Putri Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Hanifah Rizqi Azzahra Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Apriliana Ervynasari Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Natashafira Ramadhani Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Al Hasan Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi bagaimana tren yang sedang berlangsung di masyarakat dapat mempengaruhi kepuasan konsumen dalam pembelian di e-commerce. Metode yang digunakan yaitu survei cross-sectional dengan pendekatan kuantitatif dimana data dikumpulkan melalui kuesioner online yang menggunakan skala likert 5 poin dan diisi oleh 100 mahasiswa aktif Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta yang memakai platform belanja online. Hasil analisis menyatakan terdapat hubungan yang signifikan antara penggunaan e-commerce dan kepuasan konsumen, dengan tren suatu produk atau layanan yang saat ini populer berperan sebagai mediator yang signifikan. Secara tidak langsung, penggunaan e-commerce mempengaruhi kepuasan konsumen dengan besaran pengaruh 0.114. Artinya, semakin meningkatnya penggunaan aplikasi e-commerce dalam mencari barang yang sedang tren, kepuasan konsumen juga meningkat. Penelitian ini memberikan panduan bagi produsen untuk meningkatkan kualitas produk yang di jual di e-commerce ketika tren sedang berlangsung untuk meningkatkan kepuasan pelanggan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-07-29