https://proceedings.ums.ac.id/index.php/ebfelepma/issue/feed Economics Business Finance and Entrepreneurship 2023-09-19T09:48:48+07:00 Aflit Nuryulia Praswati lepmafebums.official@gmail.com Open Journal Systems <p>Proceeding Title: <strong>Economics Business Finance and Entrepreneurship</strong><br />Organizer: Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Surakarta<br />ISSN (Online): <a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/20230824171130940" target="_blank" rel="noopener">3025-2555</a></p> <p><a href="https://ebfelepma.ums.ac.id/" target="_blank" rel="noopener"><strong>Economics Business Finance and Entrepreneurship</strong></a> merupakan forum seminar nasional yang memberikan kesempatan untuk diseminasi, diskusi, dan mendapatkan follow up atas luaran penelitian maupun pengabdian kepada masyarakat.</p> https://proceedings.ums.ac.id/index.php/ebfelepma/article/view/3009 Pengaruh Personalisasi dan Promosi Harga terhadap Loyalitas Pelanggan Belanja Bahan Makanan Online: Studi pada Alfamart 2023-08-15T02:33:59+07:00 Wullyatri Dewi Risma Sutanto b100200236@student.ums.ac.id Laili Isrofa b100200226@student.ums.ac.id <p>Tujuan dari penelitian ini yaitu guna menguji pengaruh antara variabel upaya kognitif yang dirasakan, Rekomendasi produk yang dipersonalisasi, Promosi harga yang dipersonalisasi, berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan Alfamart. Kuesioner ini dibagikan kepada 80 responden yang merupakan pelanggan ritel Alfamart. Metode dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif deskriptif. Analisis data dilakukan dengan menggunakan Partial Least Square, yang melibatkan evaluasi outer model dan inner model, yang dibantu perangkat lunak SmartPLS versi 4. Temuan penelitian menunjukkan bahwa Promosi harga dan Personalisasi produk memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap Kepuasan konsumen. Namun, variabel Upaya kognitif memiliki pengaruh positif yang tidak signifikan terhadap Kepuasan konsumen.</p> 2023-08-08T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 https://proceedings.ums.ac.id/index.php/ebfelepma/article/view/3010 Perbankan Seluler dalam Menunjang Kinerja Keuangan Bank 2023-08-15T02:42:41+07:00 Kurniasari Dwi Pratiwi kurniasaridwipratiwi@gmail.com <p>Ekonomi kreatif mulai berkembang dan memasuki Indonesia pada tahun 2006 yang diperkenalkan pada pemerintahan presiden SBY (Susilo Bambang Yudhoyono) untuk meningkatkan kreativitas bangsa dan juga untuk meningkatkan industri kerajinan di seluruh daerah di Indonesia. Penelitian ini menjelaskan mengenai bagaimana perkembangan ekonomi kreatif yang berkembang melalui start- up yang kemudian perkembangannya membuat suatu inovasi baru terkait metode pembayaran melalui media perbankan. Penelitian terdapat 6 sampel bank yang ditinjau dari website https://www.idx.co.id/id. Penelitian ini ditujukan untuk seberapa besar pengaruh jumlah transaksi dan nilai transaksi terhadap kinerja keuangan bank. Variabel pada penelitian ini diukur dengan melihat jumlah transaksi dan nilai transaksi sebagai indikator perhitungan mbanking, Sedangkan variable dependen yaitu rasio pengembalian aset sebagai perhitungan pada nilai financial performance. Pengukuran pada hasil penelitian ini menunjukan bahwa jumlah transaksi dan nilai transaksi secara bersamaan berpengaruh terhadap rasio pengembalian aset. Namun pada kenyataannya bahwa financial technology yang diteliti menggunakan mbanking memberikan pengaruh sebesar 33,2% terhadap rasio pengembalian asset (ROA). Yang berarti bahwa mbanking cukup dapat memberikan kontribusi pada kinerja keuangan bank.</p> 2023-08-08T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 https://proceedings.ums.ac.id/index.php/ebfelepma/article/view/3011 Peran E-Commerce dalam Meningkatkan Pendapatan UMKM 2023-08-15T02:44:14+07:00 Dorry Paramitasari Saroyo dorrysaroyo@student.uns.ac.id <p>Perkembangan UMKM merupakan salah satu hal yang dapat meningkatkan sektor perekonomian Indonesia. Pemanfaatan ecommerce perlu dirasakan oleh pelaku UMKM untuk melakukan pemasaran dan promosi yang secara luas. Sehingga perlunya strategi pemasaran bagi pelaku UMKM untuk menjangkau berbagai segmen konsumen secara luas. Menggunakan sistem ecommerce merupakan pilihan bagi pelaku UMKM untuk bisa melakukan promosi, penjualan dan distribusi dengan cepat. Meskipun potensi UMKM ini besar, masih ada juga pelaku UMKM yang tidak memanfaatakan e-commerce. Tujuan penelitian ini adalah untuk membantu pelaku UMKM sudah tergabung dalam sistem e-commerce untuk mewujudkan sistem distribusi pemasaran baru. Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif dan metode yang digunakan pendekatan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknologi yang meningkat berupa e-commerce merupakan salah satu upaya bagi pelaku UMKM untuk mendapatkan pendapatan yang maksimal dengan proses promosi melalui sistem e-commerce. Pelaku UMKM perlu meningkatkan keterampilan dalam berinternet dan perlunya kolaborasi dengan pemerintah serta perusahaan teknologi informasi untuk meningkatkan daya saing dalam UMKM.</p> 2023-08-08T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 https://proceedings.ums.ac.id/index.php/ebfelepma/article/view/3012 Implementasi Waktu yang Optimal terhadap Tenaga Kerja 2023-08-15T03:03:14+07:00 Mei Dian Irrawati b100210251@student.ums.ac.id Evita Ayu Septianingrum b100210250@student.ums.ac.id Maya Mukaramah b100210262@student.ums.ac.id <p>Efektivitas sebuah perusahaan ialah ketepatan dalam waktu proses produksi karena perusahaan melakukan aktivitas produksi untuk memenuhi kebutuhan dari konsumen. Hal tersebut bersangkutan dengan penggunaan waktu optimal oleh karyawan untuk menghasilkan sebuah produk. Terjadinya sebuah ketidaksesuaian waktu kerja disebabkan berbagai hal, karena adanya hambatan biaya dan bahan baku yang mungkin terjadi karena tidak mewadai atau kurang dari pesanan yang disediakan, lalu yang kedua adanya pesanan yang terlalu banyak sehingga menyebabkan ketidak tepatan waktu kerjaReview Jurnal, Metode ini dilakukan dengan cara mencari berbagai jurnal internasional dan nasional yang berada di web. Selain itu, dengan metode review jurnal kita dapat membuat kerangka pernyataan secara terstruktur dan dapat dikembangkan sesuai dengan kebijakan yang sudah ada. Teknis Analisis kuantitatif, yaitu dengan cara menganalisa data dengan melakukan perhitungan yang dilakukan secara matematis untuk mendapatkan hasil dan kesimpulan yang tepat dan efesien. Waktu yang optimal adalah proses penyempurnaan dan sistem perbaikan waktu yang secara lanjut selama siklus lingkungan hidup kerja lebih disiplin.Faktor yang Menentukan Dalam Penetapan Waktu yang Optimal Bahwa standar pekerja menunjukan prestasi yang diharapkan dari seseorang pekerja yaitu rata-rata (average worker)dibawah kondisi kerja umum (rata-rata)Mempercepat waktu dalam pelaksanaan produksi ialah sebuah usaha menyelesaikan tugas lebih awal dari waktu standar perusahaanKesimpulan yang diambil dari penelitian ini ialah, penerapan waktu kerja yang optimal kepada tenaga kerja adalah sebuah proses penyempurnaan dan sistem perbaikan waktu yang secara lanjut selama siklus lingkungan hidup kerja lebih disiplin. Gaji lembur tersebut juga disesuaikan secara adil dari 1 jam pertama normal x 1,5 upah normal dan bertambah 2 x pada jam berikutnya.</p> 2023-08-08T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 https://proceedings.ums.ac.id/index.php/ebfelepma/article/view/3013 Penciptaan Nilai Bersama melalui Dukungan Sosial dan Informasi dalam Norma Timbal Balik: Komunitas Merek (Konsumen yang Bekerja) 2023-08-15T03:06:25+07:00 Ellyana Ayu Pramesti b100200267@student.ums.ac.id Alpharetta Cahya Rintan Ramadhany b100200225@student.ums.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan hubungan penciptaan nilai Bersama melalui komunitas merk dengan dukungan sosial dan informasi terhadap produk kosmetik wardah. Sampel yang diambil adalah 100 responden dengan menggunakan penelitian purposive sampling. Hasil penelitian dianalisis menggunakan analisis outer model dan inner model dengan bantuan SmartPLS 4.0. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai sosial berpengaruh positif signifikan terhadap penciptaan nilai bersama, sedangkan nilai informasi tidak berpengaruh signifikan terhadap penciptaan nilai bersama. Norma timbal balik menunjukan pengaruh positif yang signifikan terhadap penciptaan nilai bersama, namun Ketika norma timbal balik memediasi hubungan nilai informasi dan penciptaan nilai bersama, analisis menunjukan bahwa nilai informasi dapat mempengaruhi penciptaan nilai bersama secara signifikan.</p> 2023-08-08T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 https://proceedings.ums.ac.id/index.php/ebfelepma/article/view/3014 Analisis Pengaruh Daya Tarik Fisik Influencer pada Kepercayaan Masyarakat terhadap Minat Pembelian Suatu Produk 2023-08-15T05:09:27+07:00 Ghina Aulia Rahma ghinaauliarahma@gmail.com Siska Angreyani Nasution siskaangreyani17@gmail.com Nabila Masithoh Rosyidani nabilamasithoh9b@gmail.com Melia Putri putrimelia686@gmail.com Apriliana Ervynasari aprilianaes37@gmail.com <p>Tujuan dalam melalukakn penelitian ini untuk menganalisis pengaruh dari daya tarik fisik influencer dengan kepercayaan masyarakat terhadap minat pembelian suatu produk. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan teknik PLS-SEM Smart PLS 4. Signifikasi PLS-SEM diambil pada &lt;0,10. Data primer adalah data yang digunakan dan diperoleh dari hasil kuesioner melalui google form. Masyarakat umum yang menggunakan sosial media terkhusus instragram serta memiliki minat pembelian pada suatu produk merupakan sampel dari penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa daya tarik fisik berpengaruh terhadap kepercayaan konsumen untuk meningkatkan minat pembelian pada suatu produk. Faktor kepercayaan dalam membeli suatu produk dipengaruhi oleh daya tarik fisik yang dimiliki oleh influencer dan faktor daya tarik fisik ini diperkuat dengan kehadiran faktor mediasi yaitu faktor niat pembelian pada suatu produk. Semakin menarik daya tarik fisik yang ditampilkan influencer di sosial media khususnya instagram, maka akan meningkatkan kepercayaan konsumen untuk membeli produk tersebut.</p> 2023-08-08T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 https://proceedings.ums.ac.id/index.php/ebfelepma/article/view/3015 Strategi Pengendalian Biaya Produksi pada Operasional Manufaktur yang Efektif 2023-08-15T05:13:06+07:00 Khanna Nailil Muna b100210237@student.ums.ac.id Malika Indah Nur Ismaya b100210227@student.ums.ac.id <p>Strategi pengendalian biaya produksi pada operasional manufaktur yang efektif merupakan faktor krusial dalam upaya mencapai keberhasilan dan keberlanjutan perusahaan. Dalam lingkungan bisnis yang kompetitif, organisasi manufaktur perlu mengadopsi pendekatan yang tepat untuk mengelola dan mengendalikan biaya produksi guna menjaga daya saingnya. Abstrak ini membahas tentang strategi pengendalian biaya produksi yang efektif dalam konteks operasional manufaktur. Abstrak ini mengidentifikasi beberapa strategi utama yang dapat digunakan oleh perusahaan manufaktur untuk mengendalikan biaya produksi. Analisis nilai-nilai merupakan strategi yang dapat membantu perusahaan dalam mengoptimalkan penggunaan sumber daya dan mengurangi pemborosan dalam proses produksi. Penggunaan teknologi informasi dan otomatisasi dalam operasional manufaktur dapat secara signifikan mengurangi biaya produksi. Kerja sama yang erat dengan pemasok dan pelanggan juga merupakan strategi penting dalam pengendalian biaya produksi. Dengan melakukan kolaborasi yang baik dengan pemasok, perusahaan dapat memperoleh bahan baku dan komponen dengan harga yang lebih kompetitif, mengurangi biaya pengadaan, dan meningkatkan keandalan pasokan. Dalam kesimpulannya, strategi pengendalian biaya produksi yang efektif pada operasional manufaktur melibatkan analisis nilai-nilai, penggunaan teknologi informasi dan otomatisasi, kerja sama dengan pemasok dan pelanggan, serta pengelolaan rantai pasok yang efektif. Dengan menerapkan strategi-strategi ini, perusahaan manufaktur dapat mengurangi biaya produksi, meningkatkan efisiensi, dan tetap bersaing di pasar yang kompetitif.</p> 2023-08-08T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 https://proceedings.ums.ac.id/index.php/ebfelepma/article/view/3016 Pengaruh Pemasaran Digital terhadap Niat Beli pada Penjualan Online yang Dimediasi E-WOM 2023-08-15T05:18:55+07:00 Hammam Abdurrasyid b100200249@student.ums.ac.id Hendra Maulana Setiawan b100200245@student.ums.ac.id <p>Tujuan penelitian ini untuk menguji niat beli dan mengamati bagaimana pemasaran digital dan penggunaan e-WOM sebagai mediasi secara aktif mempengaruhi konsumen dalam melakukan keputusan pembelian dengan memperluas Teori Perilaku Terencana (TPB) dengan variabel tambahan yaitu Pemasaran Digital, Niat Beli dan E-WOM sebagai mediator. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling, Pengumpulan data diambil dari para responden menggunakan kuesioner, dan sampel yang diambil berjumlah 100 responden dengan kuesioner online. Penelitian ini menggunakan SmartPLS 4.0 untuk menguji hipotesis dan variabel mediasi. Hasilnya menunjukkan bahwa Pemasaran Digital memiliki pengaruh yang signifikan dalam meningkatkan Niat Beli dan E-WOM konsumen. Pemasaran Digital memberikan pengaruh positif terhadap Niat Beli.</p> 2023-08-08T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 https://proceedings.ums.ac.id/index.php/ebfelepma/article/view/3017 Pengaruh Kualitas Produk dan Penetapan Harga terhadap Minat Beli (Studi Kasus Pada Produk Fashion Cik Cik) 2023-08-15T05:20:47+07:00 Kharina Febby Prabowo kharinafebby123@gmail.com Dwi Putri Kinasih putrikinasih3110@gmail.com <p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menguji pengaruh kualitas produk terhadap niat beli serta menganalisis dan menguji pengaruh harga terhadap niat beli. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian explanatory dengan menggunakan metode kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah setiap konsumen atau pelanggan Cik-Cik Style. Penelitian ini melibatkan partisipasi sebanyak 100 responden sebagai sempelnya, yang dipilih menggunakan metode non probability dengan penerapan metode random sampling. Data yang digunakan diperoleh melalui penyebaran kuesioner kemudian dianalisis menggunakan analisis Partial Least Square (PLS) Structural Equation Modeling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua hipotesis yang diajukan diterima, dengan kualitas produk dan penetapan harga memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat beli.</p> 2023-08-08T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 https://proceedings.ums.ac.id/index.php/ebfelepma/article/view/3018 Pengaruh Moderasi Emosional Wisatawan Alam Jawa Tengah terhadap Kepuasan dan Loyalitas Wisatawan: Teori Stimulus Respons 2023-08-15T05:22:39+07:00 Mafasa Malikal Lailin b100200242@student.ums.ac.id Giasanda Oktdriyan Alnahuna b100200258@student.ums.ac.id <p>Tujuan penelitian ini ingin membuktikan peran partisipasi kepuasan wisatawan dalam pembentukan loyalitas wisatawan pada wisata berbasis alam di Jawa Tengah dengan emosional wisatawan sebagai mediator. Sebanyak 100 responden menerima kuisioner online melalui penggunaan metode purposive sampling dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan metode analisis Smart-PLS untuk menguji hipotesis dan variabel mediasi. Hasilnya menunjukkan bahwa partisipasi kepuasan wisatawan memiliki pengaruh yang signifikan dalam meningkatkan loyalitas dan emosional wisatawan. Kepuasan wisatawan memberikan pengaruh positif terhadap loyalitas wisatawan.</p> 2023-08-08T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 https://proceedings.ums.ac.id/index.php/ebfelepma/article/view/3111 Penerapan Manajemen Operasional di Era Digital dan Perkembangan E-Commerce 2023-09-19T08:59:13+07:00 Andhea Pramesti b100210302@student.ums.ac.id Catur Novitasari b100210308@student.ums.ac.id Dina Oktaviani b100210315@student.ums.ac.id <p>Di era globalisasi saat ini, manajemen operasional terus menjadi topik dan penelitian yang menarik bagi para akademisi dan profesional industri baik manufaktur maupun industrialisasi. Hal ini penting mengingat aspek manajemen operasi inilah yang menggerakkan bisnis. Oleh karena itu, jika suatu perusahaan tidak memiliki sistem manajemen operasi yang baik dan terkelola dengan baik, maka besar kemungkinan bisnis tersebut akan berhenti. Proses transisi bisnis dari tradisional ke digital membuat perusahaan memikirkan langkah-langkah strategis agar proses bisnis yang ada dapat berkelanjutan. Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan perkembangan teknologi di bidang pemasaran yang mengubah cara kerja dari cara tradisional ke teknologi digital melalui pemanfaatan e-commerce. Pesatnya pertumbuhan pengguna internet pada tahun 2017 sebesar 143,26 juta juga menjadi faktor penting dalam mengubah perilaku pembelian masyarakat secara lebih dinamis, dengan konsumen menginginkan pengiriman produk yang lebih cepat dan hasil yang lebih baik.</p> 2023-08-08T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 https://proceedings.ums.ac.id/index.php/ebfelepma/article/view/3112 Pengaruh Media Sosial pada Niat Beli: Peran Mediasi Ekuitas Merek (Uniqlo) 2023-09-19T09:08:16+07:00 Marsha Diva Saputri b100200268@student.ums.ac.id Kholifah Putrikurnia Azhari b100200280@student.ums.ac.id Aflit Nuryulia Praswati anp122@ums.ac.id <p>Di era globalisasi, produk fashion menjadi salah satu produk yang populer. Sekarang banyak toko- toko ritel baik lokal maupun asing yang mulai bermunculan dan masuk ke indonesia. Salah satu ritel besar yang sudah masuk ke Indonesia adalah Uniqlo, yang merupakan perusahaan asal Jepang yang membuka toko eceran pakaian kasual. Manfaat dari riset ini adalah guna mengkaji dampak Media Sosial (Interaksi Sosial, Berbagi Informasi, Hiburan) pada Niat Beli yang dimediasi oleh Ekuitas Merek. Teknik riset yang dipakai yaitu metode kuantitatif, pengumpulan informasi dengan kuesioner dan sampel dalam riset ini adalah 100 orang. Analisis penelitian ini didukung oleh SmartPLS 4.0. Hasilnya Interaksi Sosial signifikan dan berpengaruh positif pada ekuitas merek. Kedua, Berbagi informasi signifikan dan berpengaruh positif pada ekuitas merek. Ketiga, Hiburan signifikan dan berpengaruh positif pada ekuitas merek. Keempat, Ekuitas merek signifikan dan berdampak positif pada niat beli. Terakhir, Media sosial signifikan dan berdampak positif pada niat beli yang dimediasi oleh ekuitas merek. Penelitian ini berfokus tentang produk Uniqlo di media sosial Instagram.</p> 2023-08-08T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 https://proceedings.ums.ac.id/index.php/ebfelepma/article/view/3113 Pengaruh Kepuasan Pelanggan terhadap Niat Pembelian Kembali dan Loyalitas Pelanggan sebagai Variabel Intervening: Pada Penggunaan Layanan Jasa Pengiriman J&T Cargo 2023-09-19T09:10:59+07:00 Maya Kumala Dewi b100200251@student.ums.ac.id Belda Kumaratih Kusuma Herning b100200266@student.ums.ac.id <p>Salah satu industry yang berkembang saat ini di Indonesia yaitu industri jasa transportasi logistik karena pertumbuhan ecommerce sejak satu dekade terakhir. J&amp;T merupakan salah satu perusahaan logistik yang membantu pelanggan mengkemas dan mengirimkan barang mereka. Dalam era persaingan bisnis yang semakin kompetitif. Teknik penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, Metode kuesioner digunakan untuk mengumpulkan data, dan sampel penelitian berjumlah 100 orang. SmartPLS 4.0 juga digunakan untuk membantu analisis penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan pelanggan berpengaruh signifikan dan positif terhadap loyalitas, sedangkan kepuasan pelanggan tidak signifikan tetapi berpengaruh positif terhadap niat untuk membeli lagi.</p> 2023-08-08T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 https://proceedings.ums.ac.id/index.php/ebfelepma/article/view/3114 Trend Green Management System di Perusahaan Indonesia 2023-09-19T09:18:49+07:00 Dilla Nur Rahma b100210249@student.ums.ac.id Yusuf Imammudin b100210350@student.ums.ac.id Keifan Galuh Satriatama b100210350@student.ums.ac.id <p>Jurnal ini membahas tentang penerapan Green Management System yang sedang trend digunakan oleh perusahaan. Green management bukanlah sebuah konsep yang menggambarkan gaya manajemen bisnis baru namun menggambarkan proses industrialisasi dari bisnis. Dalam pelaksanaan the greening of management, perusahaan melakukan inovasi atau terobosanterobosan baru, dimana setiap kebijakan yang dikeluarkan berorientasi pada lingkungan alam. Perusahaan yang melaksanakan the greening of management bukan hanya melestarikan lingkungan alam tetapi juga melestarikan kehidupan perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode literatur review dari jurnal-jurnal penelitian terdahulu. Beberapa perusahaan yang menerapkan the greening of management adalah KFC, PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero), dan PT. Unilever.</p> 2023-08-08T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 https://proceedings.ums.ac.id/index.php/ebfelepma/article/view/3121 Pengaruh Kualitas Layanan, Kepuasan Pelanggan, dan Nilai Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan pada Dealer Motor yang Dimediasi oleh Kualitas CRM 2023-09-19T09:48:48+07:00 Tian Alkhana Syaifudin b100200257@student.ums.ac.id Ayu Nanda Amalia b100200260@student.ums.ac.id <p>Penelitian ini memiliki tujuan untuk membuktikan bahwa kualitas layanan, kepuasan pelanggan dan nilai pelanggan mempengaruhi loyalitas pelanggan. sampel yang telah diambil yaitu 98 responden dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. hasil dari penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis inner model dan outer model dengan bantuan dari SmartPLS 4.0. Hasil menunjukkan bahwa pertama, kualitas layanan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Kedua, kepuasan pelanggan memiliki pengaruh negative dan tidak signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Ketiga, Nilai pelanggan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Terakhir, kualitas layanan, kepuasan pelanggan, dan nilai pelanggan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada dealer motor yang dimediasi oleh kualitas CRM.</p> 2023-08-08T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 https://proceedings.ums.ac.id/index.php/ebfelepma/article/view/3115 Tinjauan Pustaka Penerapan Enterprise Resource Planning System terhadap Kinerja Perusahaan 2023-09-19T09:24:26+07:00 Seikha Nabilla b100210278@student.ums.ac.id <p>ERP (enterprise resource planning) merupakan suatu sistem yang sangat bermanfaat bagi perusahaan dalam mengelola proses<br />bisnisnya seperti membantu mengimplementasikan perencanaan sumber daya, dengan mengintegrasikan dengan seluruh proses<br />yang diperlukan untuk menjalankan perusahaan dengan sistem tunggal sehingga menjadi lebih tertata dan menjadi salah satu solusi<br />bagi perusahaan dengan bisnis yang tingkat kerumitannya tinggi. Pada saat ini, perusahaan memanfaatkan Enterprise Resource<br />Planning untuk membantu perencanaan usahanya agar dapat berjalan dengan efektif. Metode penelitian yang diterapkan dalam<br />mengatasi permasalahan ini ialah metode systematic literature review dengan menjabarkan mengenai dampak dan faktor<br />implementasi Enterprise Resource Planning. Hasil yang didapatkan bahwa penerapan Enterprise resource planning yang baik akan<br />berdampak pada kinerja suatu perusahaan sehingga dapat meningkatkan produktivitas suatu perusahaan, hal ini dibuktikan dengan<br />proses bisnis yang tertata dan teratur dikarenakan kemudahan dalam pengoperasian data perusahaan, ketersediaan informasi yang<br />akurat, dan memudahkan dalam mengontrol stock barang. Dengan penggunaan sistem ERP ini maka dapat meminimalisir<br />terjadinya kesalahan dalam proses produksi.</p> 2023-08-08T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 https://proceedings.ums.ac.id/index.php/ebfelepma/article/view/3116 Peran Green Supplier sebagai Mediator Green Product Innovation terhadap Dampak Keungulan Diferensiasi Marketing pada Industri Manufaktur Skala Kecil di Kota Surakarta 2023-09-19T09:29:37+07:00 Yoga Tegar Firmansyah yogategarfir@gmail.com Ade Rakhman Muhammad Rokhim adesimon69@gmail.com <p>Di era modern saat ini, lingkungan semakin tidak berdaya menghadapi kerusakan yang diakibatkan oleh manusia, semakin besar hingga perusahaan manufaktur kecil kurang memperhatikan siklus daur ulang limbah yang mereka hasilkan. Dengan demikian kerusakan lingkungan tidak dapat dihindari, dan penelitian yang dilakukan bertujuan dalam analisis pengaruh Green Product Innovation serta Green Supplier terhadap Differentiation Excellence pada Perusahaan Manufaktur Kecil. Teknik penelitian menggunakan adalah kuantitatif, metode angket digunakan dalam penelitian ini dan sampel berjumlah 48 pengusaha kecil menengah. Analisis dalam penelitian ini dibantu oleh SmartPLS 4.0. Hasilnya, Green Product Innovation memiliki pengaruh signifikan dan positif terhadap keunggulan diferensiasi, kedua green supplier juga memiliki pengaruh positif terhadap keunggulan diferensiasi, ketiga, berbagai informasi berpengaruh terhadap keunggulan diferensiasi. Penelitian ini berfokus pada industri manufaktur berskala kecil di Kota Surakarta.</p> 2023-08-08T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 https://proceedings.ums.ac.id/index.php/ebfelepma/article/view/3117 Analisis Pengaruh Kepercayaan Pelanggan terhadap Loyalitas pada Objek Wisata Instagramable (Studi Kasus Mahasiswa FEB UMS) 2023-09-19T09:34:45+07:00 Natashafira Ramadhani natashafiraramadhani@gmail.com Naufal Jabsy Feriz naufaljabsy27@gmail.com Veronika Dita Pratiwi Putri Oktaviari verodppo@gmail.com Ghina Aulia Rahma ghinaauliarahma@gmail.com Diska Cahyaning Tiyas diskatys@gmail.com <p>Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Instagramable dan kepercayaan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan pada suatu destinasi wisata. Metode penelitian pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan teknik PLS-SEM Smart PLS 4. Signifikansi PLS-SEM diambil pada nilai kriteria p &lt; 0,10. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dengan menyebarkan kuesioner terstruktur menggunakan sistem 5-Pont Likert Scale. Mahasiswa FEB UMS yang berkunjung ke objek wisata instagramable merupakan sampel dari penelitian ini. Keterbatasan penelitian ini adalah peneliti hanya fokus pada hubungan antara kepercayaan pelanggan dan loyalitas pelanggan. Namun, terdapat faktor lain yang dapat mempengaruhi loyalitas pelanggan pada objek wisata Instagramable, seperti kualitas pelayanan, harga, atau promosi. Oleh karena itu, tidak mempertimbangkan faktor-faktor tersebut dalam penelitian dapat menjadi keterbatasan dalam memahami faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas pelanggan secara keseluruhan. Pada hasil uji hipotesis mediasi yang dinyatakan tidak berpengaruh signifikan, instagramable tidak memediasi antara kepercayaan pelanggan dan loyalitas pelanggan. Sehingga terdapat faktor lain yang dapat memediasi antara kepercayaan pelanggan dan loyalitas pelanggan. Saran untuk para peneliti yaitu memperluas variabel penelitian. Selain kepercayaan pelanggan, ada faktorfaktor lain yang dapat mempengaruhi loyalitas pelanggan pada objek wisata Instagramable. Penelitian selanjutnya dapat mempertimbangkan variabel seperti kualitas pelayanan, harga, promosi, atau faktor psikologis lainnya.</p> 2023-08-08T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 https://proceedings.ums.ac.id/index.php/ebfelepma/article/view/3118 Pengaruh eWOM terhadap Niat Beli dengan Kepercayaan sebagai Variabel Mediasi dalam Produk Skincare Skintific 2023-09-19T09:38:20+07:00 Tasya Putri Isnaeni Wartono b100200204@student.ums.ac.id Ruruh Ayu Utami b100200208@student.ums.ac.id <p>Tujuan dari penelitian yaitu menguji pengaruh electronic word of mouth (eWOM) terhadap niat beli dalam produk skincare SKINTIFIC, serta menginvestigasi peran kepercayaan sebagai variabel mediasi dalam hubungan tersebut. Data dikumpulkan melalui kuesioner daring dan diambil dari 68 responden yang merupakan pengguna aktif produk skincare SKINTIFIC menerapkan metode pengambilan sampel convenience sampling, analisis data dilaksanakan melalui penerapan metode Partial Least Square Structural Equation Modeling (PLS-SEM) dengan menggunakan perangkat lunak SmartPLS 4.0. menunjukkan bahwa electronic word of mouth (e-WOM) berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli pada produk skincare SKINTIFIC serta berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan. Namun, kepercayaan sebagai mediator antara electronic word of mouth (e-WOM) dan niat beli tidak berpengaruh signifikan.</p> 2023-08-08T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 https://proceedings.ums.ac.id/index.php/ebfelepma/article/view/3119 Pengaruh Kualitas Pelayanan Shopeefood terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening 2023-09-19T09:43:48+07:00 Anggres Ayu Damayanti b100200233@student.ums.ac.id Zulfa Choirul Nisa b100200234@student.ums.ac.id <p>Penelitian ini memiliki tujuan agar dapat menginvestigasi jalannya kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan di Shopeefood,menggunakan kepuasan pelanggan sebagai faktor yang memediasi. kualitas pelayanan dalam konteks ini meliputi aspek-aspek seperti kecepatan pengantaran, ketepatan pesanan, kemudahan penggunaan platform,serta kehandalan layanan pelanggan. Keberhasilan Shopeefood pada hal menyediakan pelayanan berkualitas diperlukan agar bisa membentuk kepuasan pelanggan,dengan memaksimalkan dan menaikkan taraf loyalitas mereka terhadap platform tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah penggunaan kuisioner melalui Google Form.Dengan menggunakan metode ini, peneliti bisa mengumpulkan data dari responden terkait dampak kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan dengan kepuasan pelanggan menjadi variabel mediasi pada Shopeefood di Surakarta. Data yang diperoleh akan dianalisis guna menjawab pertanyaan penelitian serta menguji hipotesis yang sudah dirumuskan. Hasil penelitian membagikan bahwa kualitas pelayanan yang bagus mempunyai efek positif terhadap kepuasan pelanggan serta bisa menghipnotis taraf loyalitas pelanggan. Seiring dengan peningkatan kualitas pelayanan,taraf kepuasan serta loyalitas pelanggan juga cenderung meningkat pula sebab itu, Shopeefood perlu terus menaikkan kualitas pelayanan guna memperkuat hubungan dengan pelanggan serta mempertahankan loyalitas mereka.buat penelitian. Selanjutnya, disarankan untuk melibatkan jumlah responden yang lebih besar agar hasil penelitian bisa lebih representatif. Selain itu, kedepannya bisa memakai metode yang lebih variatif guna memperoleh wawasan yang lebih mendalam.</p> 2023-08-08T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 https://proceedings.ums.ac.id/index.php/ebfelepma/article/view/3120 Analisis Pengaruh Digital Marketing terhadap Volume Penjualan yang Dimediasi oleh Kualitas Intellectual Capital (Studi Empiris UMKM Sektor Ekonomi Kreatif di Kecamatan Laweyan, Kota Surakarta, Provinsi Jawa Tengah) 2023-09-19T09:45:56+07:00 Arief Surya Adhi adhiariefsurya@gmail.com <p>Saat ini, seluruh dunia berada pada masa baru yang memaksa setiap industri kreatif beradaptasi dengan teknologi, terutama untuk penjualan dan pemasaran. Pada masa ini, diketahui ukuran bisnis tidak menjamin terhadap tingkat kesukesannya dalam bertahan dan mengalahkan kompetitor, sehingga UMKM sektor ekonomi kreatif diharapkan meraih kesempatan dalam rangka berekspansi pada pasar skala domestik dan skala internasional. Kesuksesan dalam berekspansi di area pasar global tentu memberikan benefit besar dengan indikasi keberhasilannya adalah besarnya kinerja pemasaran, dan modal intelektual (intellectual capital) yang dimiliki UMKM tersebut. Tujuan penelitian ini, untuk menganalisis korelasi secara langsung dan tidak langsung antara pemasaran digital (digital marketing) dirincikan terhadap penggunaan media sosial instagram, tiktok, serta penggunaan website terhadap volume penjualan UMKM sektor ekonomi kreatif dengan kualitas intellectual capital sebegai mediasinya. Populasi dalam penelitian adalah UMKM yang berada di Kecamatan Laweyan. Sampel penelitian ini yaitu 25 manajer personalia UMKM, dipilih menggunakan metode accidental-purposive sampling. Data primer kuantitatif penelitian ini dikumpulkan melalui survei kuesioner secara online dan offline, kemudian dianalisis memakai metode regresi linear berganda. Hasil penelitian menginformasikan pemasaran digital (digital marketing) mempunyai hubungan langsung dan tidak langsung terhadap volume penjualan dengan kualitas modal intelektual sebagai variabel mediasi yang memiliki hubungan secara positif dan negatif secara signifikan.</p> 2023-08-08T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 https://proceedings.ums.ac.id/index.php/ebfelepma/article/view/3008 Front Matter 2023-08-15T02:22:21+07:00 Syakila Eka Putri Sabarwo sasyakillalala@gmail.com <p>Lembaga Pengembangan Mahasiswa (LEPMA) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta tahun 2023 bangga menjadi tuan rumah konferensi nasional dan call for paper bertema Ekonomi Kreatif di Era Digital Marketing. Kami berharap dengan diadakannya konferensi ini akan menjadi mekanisme inovasi penelitian. Konferensi ini menyediakan forum untuk mahasiswa, dosen, dan para pelaku akademik untuk menyebarluaskan informasi yang diperoleh dari penelitian dan untuk menciptakan jaringan penelitian nasional lebih lanjut di bidang ekonomi.</p> <p>Ekonomi kreatif di era digital marketing telah menghasilkan peluang baru bagi banyak orang untuk mengembangkan kreativitas mereka dan menghasilkan pendapatan yang ber kelanjutan. Dengan adanya platform digital seperti media sosial, pasar daring, dan aplikasi pengiriman, para kreator dapat mempromosikan karya mereka dan mencapai audiens yang lebih luas. Secara keseluruhan, ekonomi kreatif di era digital marketing menawar kan banyak peluang dan tantangan bagi para kreator dan pemilik bisnis di industri kreatif. Dengan memanfaatkan teknologi dan strategi pemasaran yang efektif, mereka dapat mengembangkan kreativitas mereka dan menghasilkan pendapatan yang berkelanjutan di pa sar global yang semakin kompetitif.</p> 2023-08-08T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023