Analisis Penentuan Strategi Pemasaran Produk Menggunakan Metode Analytical Network Process (ANP) pada Sentra Kerajinan Gerabah UMKM Satria Multi Flora

Authors

  • Palmy Rawinda Meliala Universitas Islam Indonesia
    Indonesia
  • Arbian Abdillah Universitas Islam Indonesia
    Indonesia
  • Asri Nabila Universitas Islam Indonesia
    Indonesia

Abstract

Satria Multi Flora merupakan sebuah usaha kecil menengah (UKM) yang bergerak pada bidang kerajinan seperti pot bunga, vas bunga dan barang kerajinan lainnya. Pada saat ini, Satria Multi Flora mengalami permasalahan yaitu untuk meningkatkan penjualan dari produk ataupun gerabah yang dihasilkan oleh Satria Multi Flora, dibutuhkan strategi pemasaran yang lebih baik daripada strategi yang digunakan saat ini. Untuk mendukung tujuan atupun Goals tersebut ditentukanlah beberapa kriteria yaitu managerial capabilities, customer linking capabilities, market motivation capabilities, human resources assets, reputation assets dan competition. Untuk strategi pemasaran yang ingin digunakan oleh Satria Multi Flora adalah dengan cara menentukan alternatif solusi yang dikira memungkinkan dan kemudian dibandingkan serta ditentukan pengaruh antar kriteria ataupun antar alternative-alternatif yang ada serta dianalisis keputusan yang terbaik dengan menggunakan Analytical Network Process (ANP). Berdasarkan hasil analisis menggunakan metode ANP dengan Super Decision Software, pengambilan keputusan yang tepat dan terbaik dalam hal pemilihan strategi pemasaran yang menguntungkan untuk Satria Multi Flora adalah stability dengan nilai perhitungan bobot ideals tertinggi yaitu sebesar 1. Hasil ini dapat digunakan sebagai alternatif terbaik karena memenuhi kriteria dan sub kriteria diatas yaitu managerial capabilities, customer linking capabilities, market motivation capabilities, human resources assets, reputation assets dan competition.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-05-02