Analisis Startegi Pemasaran Menggunakan Metode Assosiation Rule – Market Basket Analysis untuk Menentukan Komoditas Utama Penjualan Serta Mengoptimalkan Sumber Daya Agar Dapat Memenuhi Permintaan Pasar (Studi Kasus: Fanri Collection Yogyakarta)

Authors

  • Damas Reza Pramuditya Universitas Islam Indonesia
    Indonesia
  • Mahendra Aji Wicaksana Universitas Islam Indonesia
    Indonesia
  • Dennis Kusuma Universitas Islam Indonesia
    Indonesia
  • Ahmad Hanif Faiz Universitas Islam Indonesia
    Indonesia

Abstract

Fanry Collection adalah salah satu IKM yang bergerak pada industri kreatif di bidang fashion yang memanfaatkan kulit ikan pari untuk membuat produk bernilai seni tinggi seperti tas, dompet, gantungan kunci, ikat pinggang hingga berbagai macam aksesoris cantik lainnya. Fanri Collection belum mampu untuk memetakan jenis produk apa yang seharusnya dioptimalkan dalam pembuatannya sehingga produk tersebut dapat mudah terjual dan mengurangi inventory produk-produk yang kurang laku di pasaran. Klasifikasi dan identifikasi jenis produk yang sesuai dengan permintaan pasar dan strategi promosi produk menjadi kebutuhan Fanri Collection agar dapat melakukan penjualan secara optimal dan mengurangi banyaknya persediaan yang tersimpan.Guna menjawab permasalah tersebut peneliti melakukan aturan assosiasi jenis produk yang sering terbeli dan jarang terbeli dari keseluruhan transaksi dengan menggunakan metode assosiation rule-market basket analysis, lalu ditentukan strategi berdasarkan asosiasi jenis produk yang sering terbeli di Fanri Collection. Rule kombinasi yang didapatkan dengan minimal support sebesar 0,5 dan minimal confidence sebesar 0,5 adalah sebanyak 3 rule yang dianggap valid karena nilai Lift ratio > 1. Jenis produk tas wanita akan terbeli bersamaan dengan jenis produk sabuk dengan tingkat kepercayaan 60% dan didukung sebesar 12% dari nilai keselurhan. Jenis produk dompet wanita tipe 2 akan terbeli bersamaan dengan jenis produk dompet wanita tipe 3 dengan tingkat kepercayaan 76% dan didukung sebesar 20% dari nilai keseluruhan. Jenis produk gantungan kunci akan terbeli bersamaan dengan jenis produk dompet wanita tipe 3 dengan tingkat kepercayaan 85,7% dan didukung sebesar 12% dari nilai keseluruhan. Dengan melihat aturan asosiasi atau kombinasi yang telah terbentuk, maka peneliti dapat memberikan usulan solusi yang berkaitan dengan katalog produk, kupon atau diskon yang dapat meningkatkan jumlah transaksi dan pembelian akan barang-barang yang jarang terbeli.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-05-02