Penggunaan Laman Languagesonline pada Proses Pembelajaran BIPA Level 1 Year 1-3 di Surabaya European School

Authors

  • Octo Dendy Andriyanto Universitas Negeri Surabaya
    Indonesia
  • Meilita Hardika Surabaya European School
    Indonesia
  • M Mintowati Universitas Negeri Surabaya
    Indonesia
  • K Kisyani Universitas Negeri Surabaya
    Indonesia

Abstract

Teknologi informasi berkembang sangat cepat hingga berdampak dalam dunia pendidikan. Penggunan komputer dalam pembelajaran bahasa khususnya BIPA memiliki kontribusi positif karena memudahkan dalam mencapai tujuan pembelajaran. Pembelajaran BIPA memerlukan strategi khusus dalam prosesnya, salah satunya penggunaan laman languagesonline dalam pembelajaran. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menguraikan manfaat penggunaan languagesonline pembelajaran BIPA di year 1-3 di Surabaya European School. Penelitian pemanfaatan laman languagesonline adalah penelitian kualitatif. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi di kelas saat pembelajaran berlangsung pada siswa Year 1-3 (TK Besar - Kelas 2 SD) di Surabaya European School saat pembelajaran BIPA. Hasilnya didapati bahwa pembelajaran BIPA menggunakan languagesonline memberi stimulus serta membuat siswa lebih aktif, interaktif, kritis, dan mandiri dalam belajar bahasa Indonesia. Rangkaian perminan dan lembar kerja memberikan stimulus dan motivasi pada siswa saat belajar bahasa Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-08-25

Issue

Section

International Conference on Learning and Advanced Education (ICOLAE)