Upaya Pendekatan Kedokteran Keluarga Pada Ny. S Usia 58 Tahun dengan Stroke dalam Meningkatkan Kualitas Hidup Pasien

Authors

  • Distya Ayu Renatasari Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Meilita Tri Kurnia Dewi Puskesmas Weru
    Indonesia
  • Niken Sari Oktafiani Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Eva Yuliana Nurafinda Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Anika Candrasari Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • S Sulistyaningsih Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia

Abstract

Latar Belakang: Stroke merupakan kelainan fungsi otak yang timbul mendadak yang disebabkan karena terjadinya gangguan peredaran darah otak dan bisa terjadi pada siapa saja dan kapan saja.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor risiko, masalah klinis dan memberikan penatalaksanaan pasien dengan implementasi layanan dokter keluarga holistik berdasarkan pendekatan kedokteran berbasis bukti dengan pendekatan yang berpusat pada pasien dan keluarga.

Metode: Penelitian ini merupakan laporan kasus. Data primer diperoleh melalui anamnesis (langsung dari pasien dan tidak langsung dari anggota keluarga), pemeriksaan fisik, dan kunjungan rumah untuk melengkapi data keluarga, psikososial, dan lingkungan. Data sekunder diperoleh dari rekam medis pasien di puskesmas. Penilaian didasarkan pada diagnosis holistik dari awal, proses, dan akhir studi kuantitatif dan kualitatif.

Hasil: Seorang perempuan berusia 58 tahun dinyatakan menderita Stroke disertai dengan hipertensi primer dan hepatitis B. Pasien mengakui pertama kali mengetahui terdiagnosis Stroke pada usia 50 tahun. Hasil evaluasi didapatkan keluhan dan kekhawatiran pasien berkurang, pengetahuan pasien dan keluarga mengenai Stroke dan hipertensi sudah baik namun pengetahuan mengenai hepatitis B masih kurang dan perlu diedukasi lebih lanjut.

Kesimpulan: Stroke dengan Hipertensi primer dan Hepatitis B pada pasien disebabkan oleh penyakit genetik, pola hidup pasien, dan tidak patuh berobat.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-04-24