Psoriasis Pustula Generalisata pada Wanita Usia 35 Tahun

Authors

  • Reza Salmaa Nur Aziizah Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Milany Harirahmawati RSUD Karanganyar
    Indonesia

Abstract

Latar Belakang: Psoriasis ialah suatu kondisi peradangan kulit yang menyebabkan lapisan luar kulit lebih cepat melepaskan sel-selnya dan mempercepat proses keratinisasi.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor risiko, masalah klinis dan memberikan penatalaksanaan pada pasien dengan psoriasis pustula generalisata.

Metode: Penelitian ini merupakan studi case report dengan menggunakan data primer.

Hasil: Cae, seorang wanita berusia 35 tahun, mengeluhkan rasa gatal, terbakar, dan bercak berisi nanah di sekujur tubuhnya selama tiga hari terakhir. Tampaknya banyak bintik-bintik yang bergabung bersama untuk menciptakan apa yang tampak seperti sebuah danau (danau nanah). Kondisi ini bermanifestasi sebagai sebuah danau nanah yang terbentuk dari pustula beberapa milimeter hingga lentikular, beberapa di antaranya memiliki dasar dan sisik plak eritematosa. Dua tahun lalu, riwayat pasien sangat mirip. Diagnosis psoriasis pustular luas ditegakkan didasarkan pada riwayat pasien, hasil pemeriksaan fisik, dan bukti pendukung. Methotrexate dua kali, loratadine dua kali, krim lasodex dua puluh gram dicampur desoxymetason dua puluh gram, suntikan vitamin C satu gram setiap dua puluh empat jam, suntikan omeprazole dua belas jam, dan suntikan kortikosteroid metilprednisolon enam puluh 2,5 mg semuanya merupakan bagian dari terapi.

Kesimpulan: Pasien didiagnosis dengan Psoriasis Pustulosa Generalisata (PPG) dan hasil anamnesis didapatkan keluhan gatal-gatal di badan dan kulit meradang.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-04-24