Nyeri Leher pada Usia Tua Hati-Hati Cervical Spondylotic Myelopathy (CSM) : Sebuah Laporan Kasus

Authors

  • Muhammad Taufan Akbar RS Kasih Ibu Surakarta
    Indonesia
  • Rieva Ermawan RS Kasih Ibu Surakarta
    Indonesia

Abstract

Pendahuluan : Cervical Spondylotic Myelopathy (CSM) adalah kondisi dimana sumsum tulang belakang terkompresi atau terjepit di tulang belakang leher akibat dari degenerasi atau keausan tulang belakang leher karena proses penuaan atau degenerasi. Pada tahap awal, gejalanya mungkin termasuk nyeri leher lokal dan kekakuan yang menyerupai gejala nyeri leher tidak spesifik.

Laporan kasus : Pria, 46 tahun dengan keluhan sudah 1,5 tahun ini kedua kaki terasa lemas dan nyeri terutama pada bagian kaki kiri. Saat berdiri perut terasa tertarik. Setelah beberapa pemeriksaan fisik dan penunjang MRI Cervical, Thoracolumbal, CT-Scan Cervical, kami tahu bahwa dia menderita CSM ec canal stenosis C56 + Protrusion Disc Degenerative C56. Operasi ACDF C56 dilakukan untuk menghilangkan diskus yang rusak untuk meringankan tekanan sumsum tulang belakang, saraf tulang belakang sehingga mengurangi rasa sakit, mati rasa, kesemutan.

Kesimpulan : Laporan kasus ini menyoroti pentingnya mempertimbangkan CSM pada nyeri leher orang dewasa dan perlunya dokter untuk melakukan pemeriksaan terperinci di mana CSM mungkin merupakan diagnosis banding yang potensial.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-04-24