Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Program Linear berdasarkan Kriteria Watson pada Siswa Kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Ngemplak

Authors

  • Anita Ulfa Kasana Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Rita Pramujiyanti Khotimah Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi program linear berdasarkan Kriteria Watson dan mengetahui faktor penyebab kesalahan yang dilakukan oleh siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan melibatkan 40 siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Ngemplak Boyolali. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dokumentasi dan wawancara, sedangkan analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan jenis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi program linear berdasarkan kriteria Watson : 1) data tidak tepat 15,97% , dengan kesalahan pengambilan data, kesalahan memodelkan matematika, dan kesalahan data untuk fungsi objektif, 2) prosedur tidak tepat 16.39%, dengan kesalahan proses pembuatan grafik dan kesalahan dalam memaksimumkan, 3) data hilang 4,20%, yakni kehilangan fungsi objektif, 4) konflik level respon 1,68%, siswa tidak menyelesaikan pekerjaan kemudian menyimpulkan jawaban sendiri, 5) manipulasi tidak langsung 14,29%, dengan kesalahan pengerjaan tidak logis, tidak menuliskan perhitungan, tidak menuliskan keterangan variabel, 6) masalah hierarki keterampilan 10,92%, dengan kesalahan perhitungan, 7) kesimpulan hilang 33,61%, yakni tidak memberikan kesimpulan secara tepat, 8) kategori kesalahan lain 2,94%, yakni siswa menulis ulang jawaban dan tidak mengerjakan soal. Penyebab kesalahan yang dilakukan siswa yakni siswa kurang teliti, tergesa-gesa, kekurangan waktu, kurang menguasai materi, melepaskan usahanya dalam mengerjakan, dan siswa tidak terbiasa menulis jawaban secara lengkap.

Downloads

Published

2019-07-10