Kontribusi Kedisiplinan dan Kemandirian terhadap Hasil Belajar Matematika

Authors

  • Lifea Rahmadanti Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • S Sumardi Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menguji dan menganalisis kontribusi kedisiplinan dan kemandirian terhadap hasil belajar matematika, kontribusi kedisiplinan terhadap hasil belajar matematika, sertakontribusi kemandirian terhadap hasil belajar matematika. Jenis penelitian ini berdasarkan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini 195 siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Baki tahun ajaran 2019/2020. Sampel dalam penelitian ditentukan dengan rumus Slovin, sebanyak 131 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan proporsional random sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket serta dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian, (1) kedisiplinan dan kemandirian berkontribusi secara simultan terhadap hasil belajar matematika sebesar 13,22% dengan (

Downloads

Published

2020-09-04