Kontribusi Motivasi Belajar dan Keaktifan Berorganisasi terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMA

Authors

  • Asih Indriyani Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Sri Rejeki Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia

Keywords:

motivasi belajar,, keaktifan berorganisasi,, prestasi belajar matematika

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Adakah kontribusi motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika. 2) Adakah kontribusi keaktifan berorganisasi terhadap prestasi belajar matematika. 3) Adakah kontribusi motivasi belajar dan keaktifan berorganisasi terhadap prestasi belajar matematika. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif yaitu penelitian berupa pengumpulan data dan dinyatakan dalam bentuk angka-angka. Dari populasi seluruh siswa SMA Al Firdaus Pabelan, diambil sampel dengan teknik purposive sampling. Sampel penelitian diambil dari pengurus OSIS dan pengurus KOMDISWA sebanyak 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan kuesioner (angket). Terlebih dahulu angket diujicobakan dan diuji validitas serta reliabilitasnya untuk mengetahui tingkat kesahihan dan keandalan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji f dan uji t. Hasil penelitian, 1) ada kontribusi motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika dengan uji t 20,188 serta sumbangan relatif dan sumbangan efektif sebesar 66,62% dan 62,53%, 2) ada kontribusi motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika dengan uji t 18,886 serta sumbangan relatif sebesar 33,38% dan sumbangan efektif sebesar 31,33%, 3) ada kontribusi bersama-sama motivasi belajar dan keaktifan berorganisasi terhadap prestasi belajar matematika siswa dengan uji f 206,376.

Downloads

Published

2017-06-21