Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Melalui Pembinaan Berpikir Logis dalam Pembelajaran pada Siswa SMP

Authors

  • Oktovianus Mamoh Universitas Timor
    Indonesia

Keywords:

Berpikir Logis, Pembelajaran Matematika, Prestasi Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan menenanamkan pembinaan berpikir logis untuk meningkatkan prestasi belajar matematika pada siswa SMP.Jenis penelitian yang dipakai PTK dengan subjek penelitiannya siswa kelas VII SMP Satap Negeri Noebesi. Instrumen yang digunakan pedoman observasi dan soal tes. Peneliti mulanya mengobservasi lokasi, menyususn materi pelajaran (PLSV dan PtLSV). Kemudian peneliti menyiapkan perangkat, menganalisis materi dan dilanjutkan dengan tes awal. Dari data-data yang diperoleh persentasi ketuntasan kelas 56,52% dan persentasi aktivitas siswa 45%. Hasil ini masih sangat jauh dari yang ditentukan oleh peneliti yaitu 80%. Karena itu, peneliti mengevaluasi dan membuat perencanaan perbaikan. Pada siklus dua, persentasi kelasnya 91,30%. Begitupula persentasi aktivtas siswa selama siklus II adalah 73,33%. Data ini telah melebihi standar yang ditentukan peneliti bahwa minimal persentasi aktivitas siswa 50% atau berada pada taraf cukup.Dengan demikian, maka penerapan pembinaan berpikir logis dalam pembelajaran matematika juga dapat meningkatkan prestasi belajar.

Downloads

Published

2017-06-21