Pemanfaatan Tangram dengan Kolaborasi untuk Meningkatkan Tingkat Berpikir Geometri

Authors

  • Annisatul Khoiriyah Universitas Negeri Malang
    Indonesia
  • Gatot Muhsetyo Universitas Negeri Malang
    Indonesia
  • Swasono Rahardjo Universitas Negeri Malang
    Indonesia

Keywords:

berpikir geometri,, kolaboratif, tangram

Abstract

Fakta menunjukkan bahwa tingkat berpikir geometri siswa SMP masih rendah. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan peneliti di sebuah SMP swasta di Kota Malang, peneliti menemukan bahwa lebih dari 50% siswa salah dalam menjawab pertanyaan tentang simetri dan 67% siswa salah dalam menjawab pertanyaan kontekstual tentang pencerminan.Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan tingkat berpikir geometri siswa SMP. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus. Siklus satu terdiri dari empat pertemuan dan siklus dua terdiri dari empat pertemuan. Subjek penelitian ini adalah 27 siswa SMP swasta kelas 7 yang semuanya perempuan. Penelitian dilaksanakan pada bulan April 2015. Penelitian berupa kegiatan kolaboratif dengan bantuan tangram. Pembahasan difokuskan pada siklus dua. Topik pembelajaran adalah rotasi geometris. Dari evaluasi proses dan hasil pembelajaran, diperoleh bahwa penelitian yang dilakukan belum mencapai kriteria keberhasilan yang ditentukan. Siswa belum mencapai tingkat 2 berpikir geometri. Makalah ini memaparkan tentang penelitian tindakan pembelajaran geometri, pencapaian pembelajaran, dan faktor yang berpengaruh terhadap keberhasilan penelitian.

Downloads

Published

2017-06-21