Dampak Strategi Pembelajaran dan Kerja Keras terhadap Hasil Belajar Matematika

Authors

  • Dian Ratna Wati Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • S Sutama Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia

Keywords:

hasil belajar,, kerja keras,, problem,, project

Abstract

Tujuan penelitian ada tiga. (1) Menguji pengaruh strategi Problem Based Learning dan Project Based Learning terhadap hasil belajar matematika. (2) Menguji pengaruh kerja keras terhadap hasil belajar matematika. (3) Menguji interaksi strategi pembelajaran dan kerja keras terhadap hasil belajar matematika. Jenis penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII semester gasal SMP Negeri 4 Klaten tahun ajaran 2015/2016. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan simpel random samplinh. Metode pengumpulan data menggunakan tes, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis variansi dua jalur dengan sel tak sama. Hasil penelitian dengan

Downloads

Published

2016-03-12