Analisis Kesalahan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Cerita KPK dan FPB

Authors

  • Gendis Murpratiwi Universitas Negeri Malang
    Indonesia
  • Toto Nusantara Universitas Negeri Malang
    Indonesia
  • Cholis Sa'dijah Universitas Negeri Malang
    Indonesia

Keywords:

Analisis Kesalahan, FPB;, KPK;, Siswa SMP, Soal cerita

Abstract

Materi KPK dan FPB penting sekali karena menunjang pembelajaran matematika berikutnya serta berguna dalam kehidupan sehari-hari.Namun ada beberapa siswa yang masih sering mengalami kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita KPK dan FPB.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk kesalahan siswa SMP dalam menyelesaikan soal cerita KPK dan FPB.Selain itu juga bertujuan untuk mendeskripsikan faktor penyebab kesalahannya.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif.Data bentuk-bentuk kesalahan siswa diperoleh dari hasil tes tulis (satu soal cerita KPK dan satu soal cerita FPB) yang dilakukan oleh 20 siswa SMP.Kemudian dipilih satu siswa dari tiap-tiap bentuk kesalahan untuk diwawancarai. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 1 siswa menentukan penyelesaian semua soal menggunakan KPK, 1 siswa menentukan penyelesaian semua soal menggunakan FPB, 3 siswa menentukan penyelesaian terbalik (soal KPK diselesaikan menggunakan FPB dan sebaliknya), 2 siswa menentukan nilai KPK dan FPB terbalik (menentukan nilai KPK dengan prosedur FPB dan sebaliknya), 5 siswa menentukan nilai KPK dan FPB tidak sesuai prosedur, dan 8 siswa menjawab dengan benar. Siswa yang salah menentukan penyelesaian disebabkan kesulitan membedakan soal cerita KPK dan FPB. Siswa yang salah menentukan nilai KPK dan FPB disebabkan siswa tidak mengetahui cara menentukan nilai KPK dan FPB.

Downloads

Published

2016-03-12