Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika dengan Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan Macromedia Flash pada Siswa Kelas VIII F SMP Negeri 3 Muntilan

Authors

  • Arbella Sri Marleny M Universitas PGRI Yogyakarta
    Indonesia

Keywords:

Macromedia Flash,, Model Inkuiri Terbimbing, Pemahaman Konsep Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII F SMP Negeri 3 Muntilan pada materi prisma dan limas dengan model inkuiri terbimbing. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas secara kolaboratif dan partisipatif. Dengan desain menggunakan model Kemis Taggant melalui 4 tahapan yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII F SMP N 3 Muntilan dan objeknya adalah meningkatkan pemahaman konsep dengan model inkuiri terbimbing. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan model inkuiri terbimbing dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika, karena model inkuiri terbimbing pada fase menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah memfasilitasi siswa dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa. Berdasarkan hasil observasi, keterlaksanaan pembelajaran matematika mengalami peningkatan yaitu dari 77.16% (kriteria tinggi) pada siklus I menjadi 98.56% (kriteria tinggi) pada siklus II. Aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dari 88.40% pada siklus I menjadi 95.60% (kriteria tinggi) pada siklus II. Hasil pemahaman konsep matematika siswa mengalami peningkatan dari rata-rata nilai 41.93 (kriteria kurang) pada pra tindakan menjadi 54.83 (kriteria sedang) pada siklus I dan 84.19 (kriteria tinggi) pada siklus II.

Downloads

Published

2016-03-12