Pengaruh Strategi Think Pair Share dan Numbered Heads Together terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Keaktifan Siswa

Authors

  • Intan Monika Sari Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Slamet HW Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia

Keywords:

Hasil Belajar Matematika, Keaktifan siswa,, Numbered Heads Together, Think Pair Share.

Abstract

Tujuan penelitian untuk menganalisis : (1) pengaruh strategi pembelajaran Think Pair Share(TPS) dan Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar matematika, (2) pengaruh keaktifan siswa terhadap hasil belajar matematika, (3) interaksi antara strategi pembelajaran dan keaktifan siswa terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain kuasi eksperimental. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X di SMA N 1 Kartasura tahun ajaran 2015/2016. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi, angket dan tes.Teknik analisis data dengan taraf signifikansi 5% diperoleh: (1) terdapat pengaruh antara strategi pembelajaran NHT dan strategi pembelajaran TPS terhadap hasil belajar matematika, dengan

Downloads

Published

2016-03-12