Analisis Miskonsepsi Siswa terhadap Simbol dan Istilah Matematika pada Konsep Hubungan Bangun Datar Segiempat Melalui Permainan dengan Alat Peraga (SD Muhammadiyah 1 Surakarta)

Authors

  • Anisatul Farida STMIK Duta Bangsa Surakarta
    Indonesia

Keywords:

alat peraga, miskonsepsi;, simbol dan istilah matematika

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengeksplorasi miskonsepsi terhadap simbol dan istilah matematika siswa di SD pada materi bangun datar, (2) mengetahui cara guru mengajarkan materi bidang datar untuk siswa kelas lima SD melalui alat peraga serta ( 3) mengetahui pemahaman konsep siswa pada siswa kelas 5 SD setelah menggunakan alat peraga bidang datar segiempat. Subyek penelitian ini adalah 38 siswa kelas 5D SD Muhammadiyah 1 Surakarta. Analisis data dilakukan dengan analisis dekriptif. Data primer diperoleh dengan soal tes pemahaman konsep berupa tes uraian yang mewakili simbol dan istilah matematika pada materi bangun datar segiempat. Data sekunder diperoleh melalui wawancara dengan guru dan siswa. Hasil penelitian (1) Siswa mengalami miskonsepsi simbol dan istilah matematika pada materi bangun datar segiempat karena terjebak pada nama-nama khusus dari bangun datar. Hal ini disebabkan oleh fokus mempelajari bentuk-bentuk khusus segiempat tanpa menyinggung hubungan dengan segiempat yang umum serta tidak memahami hubungan antar segiempat dan sifat-sifatnya. Miskonsepsi banyak terjadi pada simbol dan istilah yang mewakili konsep-konsep hubungan bangun-bangun segiempat, alas segitiga dan segiempat serta kesejajaran. (2) Guru dapat menerapkan permainan dengan alat peraga dalam pelaksanaan pembelajaran materi bangun datar segiempat serta penerapan permainan dengan alat peraga membantu siswa dalam memahami konsep segiempat yang bersifat abstrak. (3) Siswa lebih memahami konsep segiempat dengan metode pembelajaran yang bersifat menyenangkan, menggunakan alat peraga berupa benda-benda kongkret serta siswa aktif dalam pembelajaran.

Downloads

Published

2016-03-12