Penerapan Model Pembelajaran Tipe Scramble untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika Siswa Kelas XI Teknik Kendaraan Ringan D (TKR D) SMK N 2 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2011/2012

Authors

  • Nurul Kustiyati Universitas Sebelas Maret
    Indonesia

Keywords:

Keaktifan;Model, Pembelajaran, Penerapan, Scramble

Abstract

Penelitian ini bertujuan memperbaiki proses pembelajaran sehingga dapat meningkatan keaktifan belajar matematika siswa. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Keempat tahapan tersebut dilaksanakan dalam dua siklus, karena pada siklus kedua persentase keaktifan siswa telah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan sebelumnya yaitu >80%. Tiap siklus difokuskan pada materi persamaan kuadrat dengan model pembelajaran tipe scramble. Penelitian ini dilaksanakan di SMK N 2 Sukoharjo. Dalam penelitian ini, peneliti bertindak sebagai subjek pemberi tindakan kelas, sedangkan siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan D (TKR D) sebagai subjek penerima tindakan. Analisis data dilakukan secara deskriptif. Dari hasil pengamatan sebelum tindakan diperoleh data persentase keaktifan sebesar 45,8%. Pada siklus I persentase keaktifan meningkat menjadi 62,5%. Pada siklus II meningkat lagi menjadi 83,34% (telah mencapai indikator keberhasilan). Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran tipe scramble dapat meningkatkan keaktifan belajar matematika siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan D (TKR D) SMK N 2 Sukoharjo.

Downloads

Published

2016-03-12