Meningkatkan Toleransi Siswa dalam Pembelajaran Matematika Melalui Penerapan Model Guided Discovery Setting Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share

Authors

  • Ezi Apino Universitas Negeri Yogyakarta
    Indonesia

Keywords:

guided discovery, pembelajaran kooperatif, pembelajaran matematika, hink pair share, toleransi siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan toleransi siswa dalam pembelajaran matematika menggunakan model guided discovery setting pembelajaran kooperatif tipe TPS pada kelas X MIPA 5 MAN Yogyakarta 3. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus, dimana setiap siklusnya terdiri dari tahap perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk meningkatkan toleransi siswa dalam pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran guided discovery setting pembelajaran kooperatif tipe TPS dapat dilakukan dengan cara: (a) pembagian kelompok yang terdiri dari keragaman tingkat kemampuan akademik, gender, suku, ras, dan budaya; (b) mendorong setiap siswa untuk mengemukakan pendapat dalam menyelesaikan masalah, baik secara tertulis maupun lisan; (c) membiasakan siswa membuat kesepakatan untuk menentukan jawaban/penyelesaian terbaik, apabila terdapat perbedaan jawaban/penyelesaian dari suatu masalah; dan (d) menyajikan masalah terbuka yang menuntut beragam cara penyelesaian dan atau beragam jawaban, agar siswa terbiasa saling berargumen, saling mendiskusikan, saling memberi dan menerima saran dan kritik, serta saling menghargai satu sama lain.

Downloads

Published

2016-03-12