Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Prestasi Belajar Ditinjau dari Kemampuan Pemahaman Matematis pada Mata Kuliah Statistika Non Parametrik

Authors

  • Iyam Maryati Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Garut
    Indonesia

Keywords:

Pembelajaran Berbasis Proyek, Prestasi Belajar, Pemahaman Matematis, Statistika Non Parametrik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk medeskripsikan dan menganalisis: 1) Pengaruh pembelajaran berbasis proyek terhadap prestasi belajar pada mata kuliah statistika non parametrik. 2).Pengaruh kemampuan pemahaman matematis terhadap prestasi belajar pada mata kuliah statistika non parametrik 3). Interaksi antara pembelajaran berbasis proyek dan pemahaman matematis terhadap prestasi belajar pada mata kuliah statistika non parametrik.ini. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain quasi eksperimental. Populasi dalam penelitian ini mahasiswa semester 4 program studi pendidikan matematika tahun akademik 2014/2015, pada Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Garut, Sampel dari penelitian ini dua kellomppok. Kelompok pertama sebagai kellompok eksperimen menggunakan pembelajaran berbasis proyek dan kellompok kedua sebagai kelompok kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling acak sederhana. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan angket,. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis variansi dua jalan. Dari hasil penelitian pada α = 0,05 diperoleh: (1) terdapat pengaruh pembelajaran matematika berbasis proyek terhadap prestasi belajar pada mata kuliah statistika non parametrik dengan FA = 5,58 > Fα = 4,01; (2) terdapat kemampuan pemahaman matematis terhadap prestasi belajar pada mata kuliah statistika non parametrik dengan FB = 15,96 > Fα = 3,16,; (3) terdapat interaksi pembelajaran berbasis proyek dan kemampuan pemahaman matematis terhadap prestasi belajar pada mata kuliah statistika non parametrik dengan FAB = 3,45 > F α = 3,16.

Downloads

Published

2016-03-12