Pengaruh Strategi React dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP

Authors

  • Erna Widiyah Hastuti Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Budi Murtiyasa Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) kontribusi strategi pembelajaran REACT terhadap hasil belajar matematika, (2) kontribusi tingkat minat belajar siswa terhadap hasil belajar matematika, (3) interaksi antara strategi pembelajaran REACT dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini yaitu siswa kelas VIII SMP N 1 Wonosari Tahun 2015/2016. Sampel dari penelitian ini dua kelas masing-masing terdiri 31 siswa. Kelas VIIIC sebagai kelas eksperimen menggunakan strategi REACT dan kelas VIIIA sebagai kelas kontrol menggunakan strategi ekspositori. Teknik pengambilan sampel dengan sampling acak. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Hasil penelitian pada  = 0,05menyimpulkan bahwa : (1) adanya konstribusi pembelajaran dengan strategi REACTterhadap hasil belajar matematika dengan Fobs = 8,670917543 > F = 4,01; (2) adanya konstribusi tingkat minat belajar terhadap hasil belajar matematika dengan Fobs = 5,191398373 > F = 3,16; (3) adanya interaksi antara strategi pembelajaran REACT dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika dengan Fobs = 4,343721811 > F = 3,16.

Downloads

Published

2016-03-12