Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika melalui Penerapan Lasswel Comunication Model

Authors

  • Atikha Nur Khoidah Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia

Keywords:

Lasswel Communication Model;, pemahaman konsep

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika dengan penerapan Lasswel Communication Model pada siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Surakarta tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, catatan lapangan, dokumentasi, dan wawancara. Validitas data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi yang meliputi triangulasi sumber data, triangulasi metode, dan triangulasi pengamat. Teknik analisis data dengan reduksi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan Lasswel Communication Model dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika pada siswa kelas VIIIC MTs Negeri 1 Surakarta tahun ajaran 2013/2014. Hal tersebut terlihat dari beberapa indikator sebagai berikut : (1) siswa menjawab pertanyaan guru dengan benar dari kondisi awal 20,58% siklus I 52,94% dan siklus II menjadi 82,35% (2) siswa menerapkan konsep secara tepat menunjukkan peningkatan dari kondisi awal 29,41% siklus I 50% dan siklus II 91,17%. (3) siswa menanggapi jawaban siswa lain dengan benar menunjukkan peningkatan dari kondisi awal 8,82% siklus I 32,35% siklus II menjadi 70,58%. (4) siswa membuat kesimpulan dengan benar menunjukkan peningkatan dari kondisi awal 14,7% siklus I 50% siklus II menjadi 76,47% . Dapat disimpulkan bahwa penerapan Lasswel Communication Model dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika pada siswa kelas VIIIC MTs Negeri 1 Surakarta tahun ajaran 2013/2014.

Downloads

Published

2016-03-12