Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IX-D SMPN 17 Malang

Authors

  • Inayatul Fithriyah Universitas Negeri Malang
    Indonesia
  • Cholis Sa'dijah Universitas Negeri Malang
    Indonesia
  • S Sisworo Universitas Negeri Malang
    Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IX-D
SMPN 17 Malang. Subjek dalam penelitian ini adalah 26 siswa kelas IX-D SMPN 17 Malang
pada semester ganjil tahun pelajaran 2014/2015. Data yang dikumpulkan berupa hasil tes
kemampuan berpikir kritis siswa dan wawancara secara tidak terstuktur. Tes untuk mengukur
kemampuan berpikir kritis siswa terdiri dari 3 soal uraian materi segitiga dan segiempat. Hasil
tes dianalisis sesuai dengan indikator kemampuan berpikir kritis yang digunakan pada penelitian
ini yaitu interpretation, analysis, evaluasi, inference, explanation, serta self regulation. Hasil
analisis data menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa tergolong rendah. Hal tersebut
disebabkan karena siswa kurang dapat memahami masalah dengan baik. Selain itu, setelah
dilakukan wawancara siswa mengutarakan bahwa mereka lupa dengan materi segitiga dan
segiempat yang mereka dapatkan ketika duduk di kelas VII. Hasil penelitian ini dapat memberikan
informasi kepada guru mengenai kemampuan berpikir kritis siswa sehingga guru diharapkan
mampu merancang kegiatan pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis
siswa.

Downloads

Published

2016-03-12