Peningkatan Partisipasi Belajar Matematika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT)

Authors

  • S Sunaryo Universitas Ahmad Dahlan
    Indonesia
  • S Sumargiyani Universitas Ahmad Dahlan
    Indonesia

Keywords:

partisipasi belajar, NHT,, matematika.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi belajar matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Penelitian tindakan kelas ini, dilakukan sebanyak 2 siklus. Subjek penelitian terdiri atas 32 siswa kelas VIIA SMP Muhammadiyah Pleret Kabupaten Bantul. Data dikumpulkan dengan lembar observasi dan wawancara. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara dan metode observasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan partisipasi belajar matematika kelas VII A SMP Muhammadiyah Pleret kabupaten Bantul pada Siklus I 42,71% dengan kriteria cukup meningkat pada Siklus II 66,19% dengan kriteria baik.

Downloads

Published

2016-03-12