Penerapan Project-Based Learning Dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Aktivitas Belajar Siswa

Authors

  • Ani Ismayani SMKN 1 Cianjur
    Indonesia
  • N Nuryanti SMK Tamansiswa Bandung
    Indonesia

Keywords:

Aktivitas belajar, komunikasi matematis, project-based learning

Abstract

Project-based learning merupakan pembelajaran yang di dalamnya melibatkan tugas-tugas proyek. Tuntutan dari sebuah tugas proyek dalam pembelajaran matematika melalui project based learning adalah siswa dapat menyelesaikan sebuah permasalahan matematika melalui serangkaian tugas-tugas proyek yang dirancang sedemikian rupa mulai dari kegiatan perencanaan hingga tahap evaluasi. Metode kerja seperti itu diharapkan dapat merangsang siswa untuk terlibat aktif di dalam pembelajaran, serta merangsang kemampuan-kemampuan matematis, salah satunya adalah kemampuan komunikasi matematis siswa. Oleh sebab itulah Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas XII AP 4 SMKN 1 Cianjur dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar dan kemampuan komunikasi matematis siswa. Setelah penelitian dalam 2 siklus, diperoleh hasil bahwa terdapat peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa secara lisan maupun tulisan di antara dua siklus penelitian, dengan nilai daya serap masing-masing siklus sebesar 61% dan 75%, dan ketuntasan klasikal masing-masing sebesar 79% dan 82%. Respon siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran model ini juga positif. Lebih dari 80% siswa merasa lebih aktif belajar dalam Project-based learning. Aktivitas siswa di kelas secara keseluruhan menjadi lebih baik, sehingga model pembelajaran ini dapat dijadikan salah satu alternatif dalam pembelajaran matematika.

Downloads

Published

2016-03-12