Hierarchical Cluster Analysisterhadap Pelanggan Pasar Beringharjo Yogyakarta

Authors

  • Ade Ihsan Hidayatullah Universitas Islam Indonesia
    Indonesia
  • Denisha Intan Perihatini Universitas Islam Indonesia
    Indonesia

Keywords:

Cluster;, Hierarchical;, Pelanggan.

Abstract

Pelanggan adalah elemen terpenting dalam menjalankan suatu usaha. Tingginya jumlah pelanggan akan memberikan dampak positif terhadap peningkatan jumlah keuntungan suatu usaha. Berbagai penelitian mengungkapkan bahwa pelanggan sebagai konsumen pasar mampu memberikan stimulus terhadap karier usaha di masa mendatang. Pasar Beringharjo yang terletak di Yogyakarta sebagai salah satu pasar yang selalu ramai pengunjung merupakan cerminan bahwa pelanggan sebagai faktor utama dalam kesuksesan usaha. Oleh sebab itu, peneliti melakukan sebuah kajian tentang pengelompokkan pelanggan-pelanggan yang melakukan transaksi di Pasar Beringharjo untuk dapat memberikan inovasi baru terhadap kemajuan perekonomian melalui sektor pasar, serta arah kebijakan pasar. Bentuk pengelompokan didasarkan atas kemiripan pelanggan yang melakukan transaksi di Pasar Beringharjo. Analisis cluster adalah suatu analisis statistik multivariate yang dapat mengelompokkan obyek berdasarkan karakteristik yang dimilikinya, dalam hal ini peneliti menggunakan Hierarchical Cluster Analysis. Hasilnya yaitu 98% dari seluruh pelanggan yang di surve puas melakukan transaksi jual beli di Pasar Beringharjo. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai acuan untuk melakukan analisis terkait kepuasan pelanggan di sebuah usaha. Pemerintah juga dapat menjadikan sebagai landasan kebijakan-kebijakan yang akan dijalankan di pasar, khususnya Pasar Beringharjo Yogyakarta.

Downloads

Published

2016-03-12