Transformasi Metode Pembelajaran di Sekolah dan Pesantren Muhammadiyah pada Suatu Wilayah di Indonesia

Authors

  • Elsa Hendriana Putri Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • `Pasya Istiara Dhea Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Rohayani Mustika Sari Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Rosa Nur Maulia Saputra Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Viona Dwi Septiyaningtyas Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia

Abstract

Tujuan yang hendak dicapat dalam penyusunan artikel ini adalah mendeskripsikan transformasi cara pembelajaran di sekolah Muhammadiyah pada suatu wilayah. Kedua untuk mengetahui dan meneliti perbedaan dan persamaan cara pembelajaran yang ada pada sekolah Muhammadiyah di suatu wilayah. Sumber data dalam penelitian ini adalah jurnal-jurnal terkait dan juga media internet lainnya. Faktor yang melatarbelakangi adanya perbedaan cara pembelajaran Muhammadiyah pada setiap wilayah karena kebijakan yang diambil pada setiap sekolah berbeda-beda, dan juga mengikuti dengan kesepakatan sekolah dengan orang tua wali murid siswa. Persamaan model pendidikan yang ada pada sekolah Muhammadiyah adalah pada kegiatan Hizbul Wathan, tapak suci, pelaksanaan tahfidz, latihan menabung, dan kepedulian sosial melalui infaq.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-07-24

How to Cite

Putri, E. H., Dhea, `Pasya I., Sari, R. M., Saputra, R. N. M., & Septiyaningtyas, V. D. (2023). Transformasi Metode Pembelajaran di Sekolah dan Pesantren Muhammadiyah pada Suatu Wilayah di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Dan Call for Paper Pengembangan Dakwah, Pondok Al Islam Dan Kemuhammadiyahan, 135–144. Retrieved from https://proceedings.ums.ac.id/index.php/lppik/article/view/3933