Peran Masjid bagi Masyarakat sebagai Salah Satu Pengingkatan Pendidikan Islam (Studi Kasus di Ranting Muhammadiyah Sondakan, Kec. Laweyan, Kota Surakarta)

Authors

  • Eva Kumala Sapna Putri Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Zhafira Salwa Taqqya Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Fidela Malva Kaulika Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Nabilah Umar Seff Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Aqila Jihan Syakira Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia

Abstract

Pendidikan adalah salah satu bentuk usaha untuk membina kepribadiannya sesuai dengan nilai-nilai di dalam masyarakat dan kebudayaan. Dalam perkembangannya, pendidikan berarti arahan atau peetunjuk bagi umat. Pendidikan yang diadakan masyarakat atau disebut dengan pendidikan nonformal. Bentuk pendidikan nonformal salah satunya dapat berupa pendidikan dalam keluarga dan pendidikan melalui masjid. Berdasarkan akar katanya masjid memiliki arti tunduk dan patuh, maka dapat diperjelaspengertian dari masjid adalah tempat melakukan segala aktivitas berkaitan dengan kepatuhan kepada Allah semata. Oleh karena itu, masjid dapat diartikan lebih jauh, bukan hanya tempat shalat dan berwudhu namun juga aebagai tempat melaksanakan segala aktivitas kaum muslimin yang berkaitan dengan kepatuhan kepada Allah SWT. Rumusan dalam artikel ini "Bagaimana upaya dari kaum muslim dalam meningkatan pendidikan Islam melalui peran masjid". Penelitian ini betujuan untuk mengetahui bagaimana kaum muslim dalam meningkatan pendidikan Islam melalui peran masjid, Untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi dalam melakukan pendidikan melalui peran masjid. Manfaat Penelitian diharapkan dapat menyumbangkan serta menambah keilmuan tentang pendidikan, khususnya tentang peningkatan pendidikan melalui pendidikan nonformal melalui peran masjid, sebagai tambahan informaai dan memberikan masukan, sumbangan pemikiran dalam pengembangan pendidikan melalui pendidikan nonformal.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-07-24

How to Cite

Putri, E. K. S., Taqqya, Z. S., Kaulika, F. M., Seff, N. U., & Syakira, A. J. (2023). Peran Masjid bagi Masyarakat sebagai Salah Satu Pengingkatan Pendidikan Islam (Studi Kasus di Ranting Muhammadiyah Sondakan, Kec. Laweyan, Kota Surakarta). Prosiding Seminar Nasional Dan Call for Paper Pengembangan Dakwah, Pondok Al Islam Dan Kemuhammadiyahan, 156–159. Retrieved from https://proceedings.ums.ac.id/index.php/lppik/article/view/3936