Penerapan Kooperatif Tipe Jigsaw dalam Pembelajaran Matematika dapat Meningkatkan Pemahaman Konsep Bangun Datar Siswa MTs

Authors

  • Soffana Imawati

Abstract

Tujuan penelitian ini ada dua. 1) Menguraikan proses penerapan kooperatif tipe jigsaw dalam pembelajaran matematika di MTs. 2) Menguraikan peningkatan pemahaman konsep matematika di MTs. PenelitianTindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam kegiatan pembelajaran Matematika pada siswa kelas VII.3 MTs Negeri Pemalang. Subjek penelitian satu guru dan satu mitra guru serta siswa sebanyak 36 anak. Instrumen yang digunakan dalam pengambilan data, yaitu lembar observasi dan soal hasil tes hasil belajar Matematika. Teknik adalisis data secara diskriptif kualitatif dan komparasi konstanta. Proses analisis data, yaitu dengan membandingkan aktifitas diskusi siswa, mendefinisikan konsep, mengeksplorasi konsep dengan menyebutkan contoh dari konsep dan menyelesaikan soal pemecahan masalah sebelum dan sesudah diadakan kegiatan pembelajaran bangun datar dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif jigsaw. Hasil penelitian, 1) Proses Penerapan Kooperatif Tipe Jigsaw Dalam Pembelajaran Matematika di MTs, dilaksanakan dengan lima fase. a) Guru mempersiapkan naskah atau teks berupa materi bangun datar. b) Setelah teks siap maka kelas belajar dalam kelompok. c) Setelah selesai mempelajari makna, anggota kelompok yang berbeda yang punya bahasan kajian yang sama dijadikan satu kelompok ahli. d) Anggota kelompok ahli kembali pulang ke kelompok asal dan mempresentasikan hasil diskusi kelompok pada kelompok asal. e) Diteruskan pengerjaan tugas untuk semua sub pokok bahasan dan nilanya merupakan nilai kelompok. 2) Pembelajaran matematika melalui kooperatif tipe Jigsaw mampu meningkatkan pemahaman siswa pada materi bangun datar. Pra siklus siswa yang dapat bekerjasama dengan baik ada 18 orang (47,2%) kemudian pada siklus 1 ada 24 orang (67%) dan siklus 2 ada 33 orang (91,7%). Siswa yang tuntas (mempunyai nilai ⩾75) sesuai dengan KKM dari pra siklus 12 orang (33,33%) menjadi 26 orang (72,22%) dan terakhir pada siklus 2 ada 36 orang (94,44%).

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-04-18