Stres Orang Tua Terhadap Pembelajaran dari Rumah Anak Usia Sekolah Dasar

Authors

  • Riana Barita Batubara
  • R Ramadhaniyati
  • Uji Kawuryan
  • S Surtikanti

Abstract

Latar Belakang: Pelaksanaan dari kebijakan pendidikan selama masa darurat covid-19 adalah melaksanakan proses belajar dari rumah atau disebut juga dengan pembelajaran daring. Orang tua berperan besar dalam menentukan prestasi belajar siswa. Selama pembelajaran daring, sebagian besar orang tua mengalami kendala dalam mendampingi anak-anak belajar dari rumah sehingga akan menimbulkan stres pada orang tua terutama ibu. Tujuan: untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi stres orang tua terhadap pembelajaran dari rumah pada anak usia sekolah dasar. Metode: Penelitian bersifat kuantitatif dengan rancangan cross sectional. Pengambilan sampel menggunakan teknik Quota sampling pada 290 responden, dengan uji statistik yang digunakan adalah Chi Square. Hasil penelitian: Dalam penelitian ini didapatkan bahwa orang tua 55,2% berada pada kelompok usia dewasa muda, 53,1% sebagai Ibu Rumah Tangga (IRT), 56,21% memiliki jumlah anak 1-2 orang, 60,3% memiliki pendidikan menengah dan 55,9% tidak mahir dalam penggunaan gadget. Stres orang tua terhadap pembelajaran dari rumah anak usia sekolah dasar dipengaruhi oleh usia, pekerjaan, jumlah anak, pendidikan dan kemahiran dalam penggunaan gadget. Kesimpulan: Evaluasi pelaksanaan pembelajaran dari rumah penting dilakukan oleh pihak sekolah sebagai upaya pencegahan kemungkinan munculnya stres pada orang tua.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-08-23