Model Strategi Pemasaran Batik di Masa Pandemi Covid 19 berbasis Digital (Sentra Industri Pilang Masaran Sragen)

Authors

  • Adcharina Pratiwi

Abstract

Penelitian dilakukan di sentra industri batik Pilang Masaran Sragen ini bertujuan untuk mengetahui variabel digital marketing berpengaruh terhadap volume penjualan dan mengetahui indikator digital marketing paling dominan mempengaruhi penjualan. Hasil penelitian sangat manfaat bagi pengusaha batik di sentra industri batik Pilang Masara Sragen. Obyek penelitian bagi para pengusaha batik yang ada di Pilang Masaran Sragen. Metode pengumpulan data melalui angket, wawancara dan observasi langsung di obyek sentra batik. Metode analisis menggunakan regresi untuk mengetahui pengaruh hubungan indikator digital marketing terhadap volume penjualan. Variabel digitalisasi marketing meliputi: web site perusahaan (X1), media sosial (tiktok, instagram, facebook) X2, digital marketing (shopee) X3, dan web katalog produk (X4) dan volume penjualan (Y). Berdasar analisi penelitian dihasilkan: (1) model marketing digital (shopee) dominan mempengaruhi peningkatan volume penjualan, (2) Secara keseluruhan variabel strategi pemasaran dapat mempengaruhi peningkatan penjualan. Dengan demikian, model strategi pemasaran berbasis digital mampu meningkatkan penjualan batik di UKM Sentra Industri Batik Pilang Masaran Sragen.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-02-25