Front Matter

Authors

  • Agung Sugiharto Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia

Abstract

Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surakarta memprakarsai konferensi tingkat nasional pada tahun 2001 (Rekayasa Aplikasi Perancangan dan Industri atau RAPI). Pada tahun 2013, telah diselenggarakan ICETIA (International Conference on Engineering, Technology, and Industrial Application) pertama sebagai versi internasional dari RAPI. Sejak itu, kedua ICETIA berlangsung bersamaan dengan RAPI.

Tahun ini, ICETIA dan RAPI 2022 mengambil tema Peran Engineer dalam Mendukung Perwujudan "Konsumsi yang Bertanggung Jawab". Melalui tema ini, RAPI berupaya untuk menghadirkan inovasi dan terobosan teknik yang berbeda, terutama yang relevan dengan konsumsi sumber daya alam yang bertanggung jawab yang merupakan 1 dari 17 tujuan dari Sustainable Development Goals (SDs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB). TPB/SDGs merupakan komitmen global dan nasional dalam upaya untuk menyejahterakan masyarakat dalam rangka pembangunan yang menjaga peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat secara berkesinambungan, pembangunan yang menjaga keberlanjutan kehidupan sosial masyarakat, pembangunan yang menjaga kualitas lingkungan hidup serta pembangunan yang menjamin keadilan dan terlaksananya tata kelola yang mampu menjaga peningkatan kualitas hidup dari satu generasi ke generasi berikutnya.

RAPI berupaya mewadahi munculnya ide, konsep, aplikasi, praktik terbaik, dan penelitian dari teknik elektro, teknik industri, teknik mesin, teknik kimia, lingkungan binaan, teknik sipil dan bidang terkait lainnya di bidang teknik dalam upaya mencapai tujuan Komsumsi yang Bertanggung Jawab. Terdapat 28 artikel yang akan dikelompokkan menjadi 7 sub-tema yaitu: Teknologi Informasi Ramah Lingkungan; Desain dan Manajemen Produk; Optimisasi Sistem Industri; Manajemen Air dan Sumber Daya Air; Pembangunan Lingkungan Berkelanjutan; dan Rekayasa Material. Prosiding ini menjadi dokumen penting yang berisi kumpulan makalah yang telah dipresentasikan dan bisa dipergunakan sebagai referensi semua pihak yang membutuhkan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-12-30