Analisis Pengembangan Bisnis Produk Seaweed Fiber Drink pada Kelompok Wanita Tani Noesa Berdaya melalui Pendekatan Business Model Canvas

Authors

  • Reza Nur Fauzy Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Eko Setiawan Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia

Abstract

Kelompok Wanita Tani (KWT) Noesa Berdaya di Desa Toyapakeh, Kecamatan Nusa Penida, Bali melakukan pengolahan rumput laut menjadi produk seaweed fiber drink. Dalam menjalankan usaha tersebut, KWT Noesa Berdaya belum memiliki strategi pengembangan usaha. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi, menganalisis dan mengembangkan model bisnis yang diterapkan serta menyusun strategi usaha melalui pendekatan Business Model Canvas (BMC) yang diintegrasikan dengan analisis SWOT dan Internal Factors Evaluation (IFE) serta External Factors Evaluation (EFE). Hasil penelitian menunjukkan bahwa KWT Noesa Berdaya sudah menerapkan sebuah konsep model bisnis yang telah memenuhi syarat ketentuan dari kesembilan elemen yang ada di dalam konsep BMC, namun dalam pelaksanaan sehari-harinya terdapat setidaknya lima elemen yang harus dievaluasi dan diusulkan kembali pengembangannya. Dari hasil perhitungan yang dilakukan menunjukkan bahwa posisi unit bisnis KWT Noesa Berdaya berada pada area 1. Pada area tersebut, strategi yang tepat bagi unit bisnis adalah strategi grow and build yang mana berfokus pada pengembangan produk, penetrasi pasar, dan pengembangan pasar. Berdasarkan hasil analisis SWOT tersebut dibuat strategi yang tepat yang diaplikasikan ke dalam BMC.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-01-16