Hemodinamik Pada Pasien Post PCI (Percutaneous Coronary Intervention) Di Ruang ICCU

Authors

  • Moch. Reviansyah YS
  • Fahrun Nur Rosyid
  • S Sugimin

Abstract

Latar Belakang: Penyakit kardiovaskuler adalah penyakit yang disebabkan gangguan fungsi jantung dan pembuluh darah. Salah satu penyakit jantung yang sering terjadi adalah ACS (Acute Coronary Syndrome). Parameter yang digunakan untuk menilai pemantauan hemodinamik yang ada bed side monitor dan berlangsung secara continus diantaranya adalah pengukuran tanda – tanda vital, monitoring suhu tubuh, tekanandarah, respirasi dan saturasi oksigen. Percutaneous Coronary Intervention (PCI) adalah prosedur intervensi non bedah yang dilakukan pada pasien dengan menggunakan kateter untuk melebarkan atau membuka pembuluh darah koroner yang menyempit dengan balon atau stent.
Tujuan: Penelitian ini adalah untuk mengetahui perubahan hemodinamik pada pasien post PCI (Percutaneous Coronary Intervention) di ruang ICCU
Metode: Jenis penelitian ini yaitu deskriptif yang menggunakan desain penelitian case study : pre dan post PCI dengan menggunakan sampel 3 pasienn. Pada penelitian ini dinilai dari status hemodinamik yaitu: tekanan darah, heart rate, respirasi dan saturasi oksigen. Hasil: Penelitian ini menunjukan bahwa pemantauan status hemodinamik pada pasien ACS dengan post PCI mempengaruhi hemodinamik tekanan darah, respirasi, heart rate dan saturasi oksigen menjadi rata – rata batas rentan normal.
Kesimpulan: Pada ketiga sampel didapatkan adanya perubahan hemodinamik post PCI, hemodinamik pre PCI cenderung tinggi dan setelah dilakukan tindakan PCI hemodinamik pada ketiga sampel status hemodinamik dalam rata – rata batas normal.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-08-19