Front Matter

Authors

  • Dyah Widi Astuti

Abstract

Pandemi COVID-19 yang merebak beberapa waktu lalu telah menyebabkan banyak aspek kehidupan yang kemudian harus berubah dan menyesuaikan tuntutan-tuntutan kebiasaan baru. Hal ini seperti mengulang sejarah panjang sebelumnya, dimana beberapa pandemi yang terjadi, seperti wabah pes (abad XIV), wabah kolera (abad XIX) dan wabah flu Spanyol (abad XX), telah memakan banyak korban jiwa. Demi menghindari kembali merebaknya wabah mematikan tersebut, maka kemudian lahirlah standar-standar kehidupan baru. Hal ini diakui telah mewarnai perkembangan arsitektur dan kota pada masa itu.
Bila berkaca pada pengalaman sejarah diatas, menjadi menarik untuk dicermati bagaimana arah perkembangan arsitektur dan kota kedepannya. Mengantisipasi penyebaran wabah melalui pembatasan wilayah dan isolasi mandiri, melakukan kegiatan bekerja dan belajar dari rumah, menjaga kebersihan dan sterilisasi rutin, hingga pada mengoptimalkan kegiatan luar ruang menjadi tuntutan kebiasaan baru pasca pandemi COVID-19 ini. Suka ataupun tidak suka, maka hal inilah yang akan memperkaya konsep bangunan dan lingkungan di masa mendatang. Perencanaan dan perancangan arsitektur dan kota akan berorientasi pada bagaimana menjawab tantangan agar kehidupan dan kegiatan kembali berjalan dengan normal baik dalam lingkup fisik, sosial, dan ekonomi secara komperensif dan berkesinambungan.
SIAR III kali ini mengangkat topik ‘Mencari Makna Arsitektur: Masa Depan Arsitektur Pasca Pandemi’ sebagai bagian dari tahapan proses dalam mencari konsep tatanan kehidupan masyarakat pada era new-normal. Seminar ini menjadi upaya yang berkelanjutan dari Program Studi Arsitektur FT UMS dalam melahirkan banyak pandangan baru yang diharapkan bisa sebagai masukan baik bagi stakeholder, akademisi, profesional terkait (arsitek, interior designer dan urban planner), serta masyarakat secara umum. Kami mengucapkan terima kasih yang sedalam-dalamnya bagi Dr. Eng. Puteri Fitriaty, S.T., M.T., dari Universitas Tadulako Palu selaku keynote speaker, serta berbagai pihak dan kontributor yang telah mendukung berlangsungnya acara ini.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-08-24