Potensi Keamanan bagi Anak di Playground RA Dusun Blagungan sebagai Kawasan Pendidikan

Authors

  • Arifah Erlianty Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Dhani Mutiari Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia

Abstract

Tingginya keadaan sosial masyarakat tentang Pendidikan agama di Desa Donoyudan membuat kawasan ini menjadi suatu kawasan yang difokuskan sebagai Pendidikan berbasis Islami. Penyediaan kawasan Pendidikan ramah anak merupakan sarana untuk beraktivitas secara bebas di dalam ataupun di luar ruangan dengan prinsip keamanan, keselamatan, serta kenyamanan bagi penggunanya. Kawasan Pendidikan merupakan hal yang sangat penting pada Kawasan tempat tinggal. Sekolah ramah anak merupakan satuan Pendidikan formal, nonformal, serta informal yang nyaman, aman, bersih serta sehat, peduli dan berbudaya lingkungan hidup, mampu menjamin, memenuhi, menghargai hak-hak anak serta proteksi anak dari kekerasan, diskriminasi, dan perlakuan salah yang lain serta mendukung partisipasi anak dalam Pendidikan. Sedangkan playground merupakan sarana pada ruang tertutup atau terbuka yang di desain untuk ruang bermain anak dan dilengkapi dengan alat-alat permainan tradisional seperti papan seluncur, ayunan, serta jungkat-jungkit. Oleh sebab itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar potensi keamanan bagi anak-anak yang bersekolah di Raudhatul Athfal (RA) kawasan Pendidikan Dusun Blagungan Desa Donoyudan ini. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi lapangan serta wawancara, yang kemudian disimpulkan menjadi sebuah analisis permasalahan. Dari analisis yang telah dilakukan, didapatkan hasil bahwa pada kawasan playground Raudhatul Athfal (RA) Dusun Blagungan belum cukup aman untuk keselamatan anak-anak.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-07-20