Evaluasi Penataan Ruang Belajar terhadap Ruang Gerak Anak dengan Pendekatan Pembelajaran BCCT

Authors

  • Dinda Sekar Utami Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Alpha Febela Priyatmono Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Wisnu Setiawan Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia

Abstract

Pendidikan anak usia dini merupakan suatu upaya memberikan pembinaan pada anak usia tiga sampai enam tahun. Pelaksanaan pendidikan pada PAUD berlandaskan pada kurikulum 2013 yang menerapkan metode BCCT (Beyond Center and Circle Time). Salah satu PAUD yang menerapkan metode BCCT yaitu PAUD Pelangi Insani. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penerapan metode BCCT pada proses pembelajaran dan pengaruh tata ruang terhadap ruang gerak anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research Based Design. Teknik pengumpulan data dari metode RBD adalah identifikasi dan observasi pada ruang kelas, wawancara terstruktur kepada guru, dan studi dokumentasi. Sedangkan teknik pengumpulan data dari metode analisis kuantitatif adalah menggunakan penafsiran skala Guttman dengan parameter berupa layout ruang kelas, pengaturan perabot, sirkulasi ruang kelas, dan karakteristik pengguna. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa layout ruang dan perabot yang memengaruhi ruang gerak anak selama pembelajaran belum memenuhi standar pedoman pengelolaan kelas berdasarkan pada kurikulum 2013 PAUD.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-07-20