Evaluasi Penataan Lingkungan Kelas Tunagrahita Ditinjau dari Aspek Teknis (Studi Kasus: SLB Negeri Karanganyar)

Authors

  • Aditya Syahreza Muktar Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • N Nurhasan Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia

Abstract

Lingkungan fisik kelas memiliki pengaruh terhadap semangat dan prestasi belajar siswa. Semakin baik dan nyaman kondisi lingkungan fisik kelas maka semangat siswa untuk belajar akan naik yang akan berpengaruh terhadap prestasi dan kesehatan mental siswa tunagrahita. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengevaluasi aspek teknis yang berpengaruh terhadap prinsip penataan lingkungan kelas yaitu visibility, accessibility, flexibility, kenyamanan, dan keindahan. Analisis dilakukan berdasarkan aspek teknis ke depannya pelaksanaan pendidikan inklusif dapat dilaksanakan dengan baik. Hasil akhir dari penelitian ini adalah terdapat beberapa aspek teknis yang berpengaruh terhadap prinsip penataan lingkungan, yaitu dimensi ruang kelas yang berpengaruh terhadap visibility, accessibility, dan fleksibility ruang; ukuran perabot dan formasi tempat duduk yang berpengaruh terhadap visibility, accesbility, dan fleksibility ruang; lokasi bukaan yang berpengaruh terhadap visibility, dan kenyamanan ruang; material yang berpengaruh terhadap fleksibility dan kenyamanan ruang; serta warna interior yang berpengaruh terhadap kenyamanan visual dan psikologis siswa tunagrahita. Penataan lingkungan kelas yang baik akan mendorong siswa untuk dapat semangat dalam belajar dan meraih prestasi.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-06-26