Kajian Faktor-Faktor Peran Manajemen Konstruksi pada Tahapan Pekerjaan Design and Build Ditinjau dari Aspek Regulasi (Studi Kasus Proyek di Lingkungan PT. DEF)

Authors

  • Manlian Ronald A. Simanjuntak Universitas Pelita Harapan
    Indonesia
  • Bimo Condro Takarianto Universitas Pelita Harapan
    Indonesia

Abstract

PT. DEF adalah perusahan BUMN yang bergerak di bidang Jasa Konsultan Manajemen Konstruksi (MK) sebagai salah satu bidang layananya dan telah menerapkan prosedur ISO yang berpedoman pada peraturan yang berlaku namun banyak kendala-kendala yang ditemui di dalam proyek design and build pada bangunan negara Penyebabnya adalah karena belum ada peraturan khusus yang mengatur peran MK pada pekerjan Design and Build. Permen PUPR No. 22 tahun 2018 telah mengatur peran MK namun diperuntukan bagi pekerjaan konvesional (design bid build) sedangkan Permen PUPR No. 12 tahun 2017 hanya mengatur Standard dan Pedoman Pengadaan Pekerjaan Konstruksi Terintegrasi Rancang dan Bangun (Design and Build). Sehingga permasalahan dalam penelitian ini: (1) Apa peran MK dalam penelitian ini? (2) Bagaimana tahapan penyelenggaraan pekerjaan Design and Build yang dikaji dalam penelitian ini? (3) Apa peraturan yang menjadi landasan pekerjaan Design and Build pada bangunan gedung di Indonesia?
Proses penyusunan variable dari data sekunder, studi literatur, peraturan standar Permen PUPR. Akhirnya dapat disimpulkan bahwa perlu disusunnya peran MK pada tahap Pengadaan (Basic Design) hingga ke tahap pelaksanaan Design and Build pada sub tahapan Pengembangan Design dimana peran MK tersebut sangat menentukan terhadap keberhasilan kinerja pelaksanaan pekerjaan Design and Build dari segi mutu, waktu, biaya dan administrasi.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-06-19